Tobatenun Jangkau Generasi Muda Hadirkan Platform Distribusi Ulos Bagi UMKM

0
671

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Setelah sukses dengan kampanye revitalisasi memperkuat Kain Ulos sebagai Warisan Budaya, Tobatenun kembali menggelar kampanye budaya dalam rangka Hari Ulos Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 17 Oktober lalu. Mengambil tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya”, Tobatenun tampil tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, tetapi juga nasional.

Melalui kampanye tersebut, Tobatenun ingin memberikan edukasi, tidak hanya bagi pelaku usaha dan komunitas Ulos, tetapi juga masyarakat umum. Hal ini merupakan upaya Tobatenun untuk menjangkau publik agar memahami Ulos sebagai produk budaya dan ekonomi serta meningkatkan kesadaran untuk semakin bangga buatan Indonesia.

Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtera, menjelaskan “Sadar akan potensi Ulos untuk bisa bersaing di pasar nasional maupun mancanegara, kami melakukan revitalisasi Ulos melalui program pendampingan perajin tenun, memanfaatkan sumber alam untuk produksi tenun serta membuat platform distribusi tenun Sumatera Utara yang terakurasi melalui website resmi Tobatenun. Melalui website tersebut, masyarakat dapat berbelanja dan mengenal Ulos lebih jauh. Tidak hanya itu saja, terbuka pendaftaran bagi UMKM untuk memasarkan produk ulos di website kami.”

Senada dengan Kerri, Bupati Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memberikan dukungan penuh untuk tetap melestarikan wastra budaya nusantara. Berbagai strategi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi untuk meningkatkan keberlangsungan industri kerajinan dan kreatif, termasuk pelestarian dan pengembangan Ulos.

Tobatenun sebelumnya juga telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker). Kemnaker melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta, Ditjen Binalavotas, dan PKK) dan Tobatenun berkomitmen memberdayakan para perajin ulos di Toba. “Kerjasama antara Kemnaker dengan Tobatenun ini adalah perwujudan dari program perluasan kesempatan kerja yang dimiliki Kemnaker untuk melatih, membina dan manajemen pemasaran para perajin ulos di sekitar danau Toba. Kemenaker bersama Tobatenun merancang roadmap usaha yang dapat menguntungkan dan memberikan dampak kesejahteraan kepada UMKM Ulos” ujar Dita Indah Sari, Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Memperkenalkan Ulos ke pasar internasional, Tobatenun juga akan berpartisipasi dalam TENUN Fashion Week yang diselenggarakan secara virtual pada 15-17 Oktober 2021 lalu. Pagelaran ini menampilkan 45 komunitas tenun yang berpartisipasi dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Dalam TENUN Fashion Week, Tobatenun akan membawa dua lini produknya yaitu Tobatenun dan BORU. Menampilkan koleksi revitalisasi ulos lawas yang juga menjadi koleksi pertama untuk distribusi di platform yang hadir dalam motif Ragi Hotang, Ragi Idup, dan Tumtuman. Sementara itu untuk produk Boru akan menampilkan koleksi ready to wear “Sindar” yang merupakan hasil kerja sama desainer muda dan berbagai UKM dan pengrajin dari Siantar, Yogyakarta, dan Jepara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.