Tur Keliling Pabrik dan Ungkap Strategi Toshiba di 2012

marketing.co.idToshiba mengumumkan berita penting seputar performa penjualan televisi Toshiba di Indonesia dan mengungkapkan  strategi bisnisnya di 2012 sekaligus mengajak para wartawan untuk menyaksikan secara langsung proses penciptaan inovasi produk-produknya di pabrik yang berlokasi di East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang (Rabu, 18/4).

Kunjungan para wartawan ke pabrik ini disambut oleh Yuzo Tsuchiya, President Director PT Toshiba Consumer Products Indonesia. Dan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbolisasi perkenalan Jun Nishioka sebagai President Director PT Toshiba Visual Media Network Indonesia yang baru menggantikan Hisao Ishiyama sejak Maret 2012 lalu.

Dalam sambutannya, Jun Nishioka menjelaskan mengenai pertumbuhan pasar televisi di Indonesia dan peran Toshiba dalam meramaikan pasar dengan produk andalannya yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED, Regza Power TV.

Dia juga menjelaskan bahwa panel-panel LED berbentuk lebih tipis dibandingkan dengan Cold-Cathode Fluorescent Lamps (CCFL) membuat desain TV dengan teknologi LED pada umumnya lebih tipis dan lebih menawan. Selain itu,  TV dengan teknologi LED sangat menghabiskan daya listrik yang lebih kecil bila dibandingkan dengan TV CCFL sehingga secara otomatis, mampu menghemat pengeluaran listrik rumah tangga.

Ardi Nursalim selaku Section Manager, Innovation & Promotion Section, Factory Planning Department PT Toshiba Consumer Products Indonesia berbagi informasi mengenai konsep Eco Style yang diterapkan oleh Toshiba. Konsep Eco Style ini adalah menghasilkan inovasi produk dengan material ramah lingkungan serta penerapan proses produksi yang tidak menghasilkan limbah berbahaya.

Dalam tur keliling pabrik tersebut hadir pula Carissa Putri selaku Brand Ambassador Toshiba. Dia mengatakan dukungannya terhadap konsep Eco Style dan kepercayaannya bahwa Toshiba senantiasa memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Tur keliling pabrik menjadi acara selanjutnya.

Para wartawan mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung proses perakitan televisi Toshiba yang juga melayani permintaan ekspor ke beberapa wilayah seperti Asia (kecuali China dan Korea), Timur Tengah dan Oseania.

Jenis-jenis produk yang diproduksi oleh PT Toshiba Consumer Products Indonesia adalah TV berukuran 19 inci sampai 55 inci dan berangsur-angsur hanya akan memproduksi TV dengan teknologi LED yang lebih hemat energi.

Para wartawan juga diajarkan 3 tahapan utama dalam proses perakitan sebuah televisi, yaitu Manufacturing Auto Manufacturing Auto-insertion Assembly (MAA), Manufacturing Chassis Assembly (MCA) dan Manufacturing Final Assembly (MFA). Di tahap MAA, para teknisi melakukan perakitan awal dengan mensolder di PCB dan pada tahap ini para wartawan merasakan menjadi salah satu teknisi dalam simulasi games yang dipimpin oleh Abdon Nababan, perwakilan dari Toshiba. Acara ditutup dengan makan siang dan berfoto bersama di lobby pabrik Toshiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.