Tren Penggunaan Internet di Indonesia

(Dari Kiri ke Kanan) Jhoni Tuerah, Associate Client Advisor TNS Indonesia; David Jeffs, Head of Insights Yahoo! India and South East Asia; Roy Simangungsong, Country Ambassador Yahoo! Indonesia; Hansal Savia, Technical Advisor TNS Indonesia ; Samit Vyas, Lead – Insights Strategy & Research Yahoo! South East Asia, usai Yahoo! Net Index 2012 Media Briefing. Foto/Yahoo

marketing.co.id- Yahoo! Inc melaporkan hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index ke-empat tentang studi inovatif mengenai perilaku pengguna internet yang juga menyajikan gambaran besar strategis mengenai pengguna internet di Indonesia.

Hasil Studi tersebut mengidentifikasi tren signifikan tentang perilaku pengguna internet di Indonesia.

Pertama, selama dua tahun terakhir, penggunaan telepon seluler (ponsel) di Indonesia menjadi penggerak utama pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia, dimana ponsel menjadi media kedua paling banyak digunakan (55%) setelah televisi (100%).

Kedua, pertumbuhan internet juga dikaitkan dengan bergesernya demografi dimana grup dengan usia yang relatif lebih tua (30-50 tahun) mulai ikut menggunakan internet di Indonesia.

Misalnya, penggunaan internet di kategori kalangan usia 35-39 tahun meningkat menjadi 52% tahun ini dari 13% empat tahun yang lalu. Pertumbuhan secara signifikan lebih tinggi terlihat di kota besar tingkat 2 seperti Semarang (43%), Palembang (64%) dan Makassar (59%) dimana pengguna mulai beralih ke internet mobile.

Ketiga, konten hiburan dan liburan, khususnya berita hiburan dan selebriti (40%), mengunggah dan mengunduh data musik (39%) menunjukkan pertumbuhan maksimal. Pencarian naik dari 70% tahun lalu menjadi 75% tahun ini, sebagian besar didorong oleh pengguna muda yang menggunakan internet untuk mencari gambar (76%), musik atau audio (43%) dan video (33%).

Hal yang menarik adalah penggunaan jejaring sosal malah menunjukan tidak banyak pergerakan di tahun 2012. Berkembangnya „sosialisasi selektif‟ yang menonjol pada hasil studi Net Index tahun lalu terus menguat dengan hampir setengah pengguna jejaring sosial mulai merasionalisasi jaringan dan grafik sosial mereka.

Yahoo! Net Index study merupakan studi tahunan yang diadakan bersama TNS, salah satu grup riset pasar terkemuka dunia. Studi ini menggabungkan metode serta teknik yang mapan dalam pemilihan sampel untuk memastikan representasi populasi yang menyeluruh.

Responden dipilih dengan menggunakan teknik multi-stage probability sampling. Sebanyak 3.365 responden dari survei media umum dan 1.762 responden dari survei internet media dari kota-kota besar termasuk Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta dan Denpasar ikut serta dalam survei ini. Penelitian lapangan dilakukan dari Desember 2011 sampai Januari 2012.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.