Trend Baru Dalam Mencari Kerja

0
1272

Marketing.co.id – Pencarian kerja di Indonesia mengalami perubahan besar dalam setahun terakhir ini. Kebiasaan lama mencari kerja lewat iklan lowongan di media cetak mulai ditinggalkan dan perlahan beralih ke metode pencarian melalui media internet.

Perubahan juga terjadi dalam cara mengakses lowongan kerja di internet itu sendiri, sebelumnya mayoritas pencari kerja menggunakan komputer desktop atau laptop, kini bergeser menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Fakta-fakta diatas diungkapkan oleh JobsDB – portal lowongan kerja online terbesar di Indonesia – dalam acara Temu Media di Hotel Shangri-La Jakarta beberapa waktu lalu.

Fakta tersebut didapat setelah melewati riset dan survei yang dilakukan di 6 negara berbeda yaitu Indonesia, Malaysia, HongKong, Singapura, Thailand dan Philipina. Riset ini bertujuan untuk lebih memahami tentang kebiasaan dan perilaku dari pencari kerja di Asia.

Hasil riset menunjukkan bahwa 82% pencari kerja di Indonesia lebih memilih mencari lowongan pekerjaan lewat portal pencari kerja online. Mereka berpendapat, lowongan kerja yang ditampilkan di portal bukan hanya lebih banyak tapi juga lebih berkualitas dan lebih sesuai dengan pekerjaan yang mereka inginkan.

Temuan lain adalah, dari bulan Januari 2011 sampai dengan Januari 2013, jumlah pengakses situs lowongan kerja JobsDB Indonesia dengan perangkat mobile meningkat tajam sebesar 266%. Peningkatan ini sangat berhubungan erat dengan tingginya penetrasi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang masuk ke Indonesia.

Adrian Chng, Chief Executive Officer JobsDB Group mengatakan jobsDB berkomitmen untuk berinvestasi lebih dalam meningkatkan dan menciptakan layanan technology digital yang berkualitas. JobsDB sendiri sudah meluncurkan layanan situs mobile sejak awal tahun lalu, dan sekaligus sebagai pelopor untuk aplikasi sejenis.

“Layanan situs mobile ini kami ciptakan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan kami kepada para pencari kerja, sehingga mereka bisa mengakses dan mengeksplorasi berbagai macam kesempatan kerja yang ada di jobsDB kapan saja dan dimana saja,” ungkap Adrian.

Dinamika pencari kerja di Indonesia sendiri cukup unik, terungkap bahwa 25% pencari kerja di Indonesia selalu aktif setiap hari dalam mencari pekerjaan yang mereka inginkan, 32% mencari pekerjaan sedikitnya sekali seminggu.

Dan 41% mengatakan mereka tidak aktif mencari, hanya sekedar melihat-lihat namun tidak memungkiri mereka juga akan melamar bila ada lowongan yang menurut mereka sangat baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.