Trik Membuat Pelanggan Setia Ala Saqina

Meraih kesetiaan pelanggan lebih sulit ketimbang mendapatkan pelanggan, apalagi persaingan bisnis semakin ketat. Berikut tips membuat pelanggan setia ala Saqina.com

tampilan situs saqina.com
Tampilan website Saqina.com

Memiliki pelanggan setia merupakan prestasi bagi sebuah merek. Akan tetapi, tidak semudah itu menggaet pelanggan, apa lagi membuatnya setia.

Dibutuhkan hubungan emosional yang kuat antara merek dan pelanggan. Hubungan emosinal ini lah yang harus dicari lebih dulu oleh sebuah merek jika ingin membuat penjualan yang baik.

Hadi Kuntjoro – CSO sekaligus Co Founder – Saqina.com, e-commerce perlengkapan keluarga Muslim ini mengatakan bahwa saat ini pelanggan sangat melek teknologi. Mereka sangat mudah mencari informasi tentang banyak hal, dan mereka dapat bertanya pada siapa pun dan di media apa pun.

Hal ini sangat lah baik bagi pelanggan, mereka menjadi semakin teredukasi dan memahami setiap produk yang inginkan. Tentunya, hal ini juga membuat pelanggan semakin kritis dan mudah berpindah (tidak loyal) ke pesaing.

Untuk memastikan pelanggannya loyal, Saqina berusaha membangun organisasi dengan baik. Secara internal, terlebih dahulu Saqina memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan tentang bagaimana berkomunikasi , memberikan informasi serta mengedukasi pelanggan dengan baik.

Selain itu, Saqina juga menggunakan sebanyak mungkin platform untuk memudahkan pelanggan. “Yang pasti gini, pelanggan sekarang punya banyak perbandingan. Dan kita harus hadir di banyak platform. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan pelanggan,” kata Hadi.

Untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, Saqina membuat sebuah sistem. Dimana, setelah terjadi transaksi, Saqina akan mengirimkan SMS (Short Message Service) pemberitahuan. Bukan itu saja, Saqina juga menggunakan logistiknya sendiri untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Tingkat keterlibatan Saqina dengan pelanggan pun sangat baik. Misalnya, Februari lalu Saqina berinisiatif mengadakan lomba foto bareng keluarga untuk memperingati World Hijab Day. Responnya luar biasa, dalam sehari lebih dari 1000 orang mendaftar. “Kami terus mencoba membangun hubungan dengan pelanggan secara emosional,” kata Hadi.

Editor: Lutfi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.