Trik Mendapatkan Konsumen yang Setia

I Lov Juicy!

Salah satu ‘harta karun’ bagi penjual online adalah para pembeli yang sudah percaya terhadap produk yang dijual dan tak ragu untuk melakukan pembelian berikutnya. Pelanggan loyal seperti ini bisa menjadi dinamo bagi keberlangsungan sebuah bisnis online. Selain itu, konsumen yang setia punya kemampuan penyebaran informasi dengan teknik word of mouth.

Penulis buku “Seven Power Strategies for Building Customer Loyalty”, Paul Timm, melakukan penelitian selama bertahun-tahun untuk menemukan jawaban dari pertanyaan “Hal apa yang menyebabkan pelanggan kabur?”. Hasil penemuannya menyatakan, ada tiga hal besar yang patut diperhatikan oleh penjual, termasuk pemilik toko online.

Value

Seseorang mau melakukan pembelian karena ada nilai yang bisa ia dapatkan dari transaksi tersebut. Misalnya, dengan uang 150 ribu rupiah, pembeli bisa mendapatkan satu buku tentang entrepreneurship. Dari 150 ribu itu, ia bisa menambah pengetahuannya di bidang kewirausahaan. Nilai yang ia anggap unggul dari buku yang ia beli adalah pengetahuan tersebut.

Timm menemukan, barang yang berkualitas rendah juga akan mengurangi value yang bisa didapatkan oleh seorang pembeli. Oleh karena itu, penjual sebaiknya selalu memeriksa setiap produk yang akan dijual. Sesuaikan juga pernyataan pada saat berpromosi dengan keadaan produknya. Misalnya, ada seorang seller yang menjual ponsel bekas yang casing-nya sudah retak di bagian belakang. Ia harus menyebutkan kondisi tersebut pada iklan atau deskripsi barang. Sehingga, pembeli tahu dan ekspektasi yang muncul di benaknya sama dengan kondisi barang yang ada.

Sistem

Pembeli selalu ingin mendapatkan pelayanan terbaik, termasuk sistem transaksi jual beli yang harus ia lakukan. Jika transaksi tersebut berbelit-belit dan value dari produk yang dibeli tak terlalu besar, dapat dipastikan pembeli tidak akan kembali lagi.

Selain itu, pelayanan yang lambat juga menjadi faktor seorang pembeli tidak akan datang lagi. Hal ini perlu diperhatikan oleh para online seller. Misalnya, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan lewat BBM atau sms.

Lalu, seorang penjual juga harus mempertimbangkan jasa kurir yang akan digunakan untuk pengiriman barang. Telat satu atau dua hari bisa membuat pembeli berpikir ulang; apakah ia akan membeli produk lagi di toko Anda atau tidak.

Tim

Keprofesionalan tim Anda dalam menjalankan bisnis online akan membuat toko online Anda semakin dipercaya. Hal ini kemudian membuat pembeli tertarik untuk melakukan pembelian di kemudian hari.

Selain tiga hal tersebut, penjual online bisa membuat program layanan menarik bagi pembeli seperti berikut ini.

Diskon bagi Member

Salah satu trik untuk membuat seseorang betah berbelanja di toko online adalah dengan penawaran diskon. Anda bisa membuat program diskon bagi pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya. Misalnya, orang yang telah membeli tiga pasang sepatu di toko online Anda bisa mendapatkan diskon 30% pada pembelian keempat.

Special Offer

Penawaran spesial juga bisa jadi solusi untuk mendatangkan pelanggan yang loyal. Misalnya, seorang seller kamera memberikan satu pack roll film hitam putih bagi pembeli yang sudah pernah pernah membeli di toko online-nya serta sudah mendaftarkan diri menjadi member di situs bisnis online tersebut. ***(psr)

Supported By: image

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.