Tujuan Dari Segmentasi

Mengapa seorang pemasar harus melakukan segmentasi terhadap pasarnya? Alasan pertama adalah karena adanya perbedaan atau keanekaragaman di dalam pasar itu sendiri. Tak ada satu orang pun yang sama, dan perbedaan tersebut sangat berpengaruh terhadap kebutuhan pasar.

Alasan kedua adalah kita bisa menemukan peluang bisnis, bila kita berhasil menemukan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.

Kita melakukan segmentasi supaya kita bisa mendefinisikan pasar berdasarkan kebutuhan pelanggan dengan lebih rinci dan jelas. Kita bisa lebih memahami pelanggan, dan yang lebih penting lagi, mengerti mengapa mereka membeli. Dengan demikian, strategi marketing yang akan dibuat nanti bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Jangan lupa pula bahwa kebutuhan pasar itu terus berubah-ubah. Program segmentasi yang bagus sangat diperlukan supaya kita bisa cepat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah ini. Selain itu, kita juga bisa mengalokasikan sumber daya marketing yang ada dengan lebih efisien.

Segmentasi yang baik dan tepat bisa melancarkan program pemasaran sehingga bisa berjalan dengan efektif. Dengan segmentasi yang benar, anggaran bisa dihemat, periklanan bisa lebih tepat sasaran dan kepuasan pelanggan juga bisa ditingkatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.