MARKETING.co.id- Meskipun dianggap sebagai saluran pemasaran yang sudah ketinggalan zaman oleh beberapa praktisi pemasaran, Telemarketing B2B masih menjadi alat yang sangat penting dalam memimpin generasi saat ini, bahkan dengan adanya kehadiran media sosial dan alat pemasaran inbound lainnya.
Tapi, mengapa telemarketing B2B sepertinya masih di pandang negatif di beberapa sector? Hal ini mungkin karena beberapa kasus yang terjadi pada Apple. Para kritikus mungkin hanya melihat beberapa kampanye telemarketing Apple yang gagal karena buruknya perencanaan dan mungkin tidak melihat sebagian besar kampanye telemarketing lainnya yang sukses.
Untuk menjamin rencana kampanye pemasaran Anda tahan terhadap tantangan dari lingkungan pemasaran saat ini, pastikan itu mengandung semua karakteristik ini:
Tujuan yang jelas
Ini harus diterapkan oleh tim Anda sendiri atau penyedia layanan profesional yang anda pilih harus memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai. Tujuan ini harus sejalan dengan rencana pemasaran Anda secara keseluruhan dan dibagi-bagi menjadi tujuan khusus dan terukur ke dalam sasaran.
Target maksimal
Saat ini lebih dari sebelumnya. Ada lebih banyak orang yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Hal ini menyoroti Anda untuk fokus serta mengkhususkan diri pada kategori pembeli tertentu. Entitas seperti influencer, pengguna akhir, dan pembeli, merupakan semua bagian penting dari proses pembelian.
Berbasis konten
Saat ini pelanggan dan calon pelanggan mengendalikan apa, di mana, kapan, dan cara penggunaan informasi yang disampaikan oleh marketer. Karena itu, kampanye yang berpusat pada calon pelanggan harus memanfaatkan konten yang sedang diinginkan kontak targetnya. Ini merupakan salah satu pergeseran mendasar dalam kendali pemasaran dari perusahaan yang berfokus pada target audiens, serta telemarketing B2B seharusnya mencerminkan perubahan ini.
Difokuskan pada branding
Pengalaman produk / layanan yang Anda ingin realisasikan kepada calon pelanggan juga harus diperluas termasuk melalui saluran telepon. Branding tidak saja terjadi di saluran lain, tetapi juga terjadi di saluran telepon.
Fleksibel
Memiliki sebuah rencana statis dalam lingkungan yang dinamis bagaikan menyalakan korek api di sebuah pabrik peledak – hal itu tidak masuk akal. Kunci untuk memiliki rencana yang fleksibel adalah dengan mengantisipasi kemungkinan skenario dan untuk menguraikan serangkaian prosedur untuk membawa dalam kasus tersebut.
Terintegrasi
Sebagian besar kampanye pemasaran saat ini adalah proyek multi–channel. Jenis pemasaran ini harus dipelihara terus menerus agar tidak terputus.
Terukur
Rencana pemasaran yang efektif merupakan salah satu yang secara jelas mendefinisikan apa yang “sukses” dan menguraikan cara-cara khusus secara singkat untuk mengukur itu, bersama berbagai macam metrik dan analitika kilat di panel kontrol kampanye. Ini memang tidak mudah, tapi, dengan deskripsi yang tepat dan nilai-nilai, kemajuan dapat dicapai dan dipantau lebih seksama.
CS|B2C