UMKM Idol Resmi Diluncurkan, Siap Mencari UMKM dan Tenaga Sales Terbaik di Indonesia

0
772
kompetisi umkm idol

kompetisi umkm idolMarketing.co.id – Berita UMKM | Politeknik Bisnis Digital Praktisi dan Paper.id resmi menghelat acara peluncuran UMKM Idol pada Rabu, 27 April 2022. Diadakan di Courtyard Mariott Dago, acara ini menandai dimulainya kompetisi UMKM Idol yang juga menghadirkan talkshow dengan sejumlah narasumber berpengalaman di bidangnya.

Acara ini dilaksanakan dengan konsep hybrid dan dihadiri banyak pihak baik dari pemerintah maupun swasta seperti, H. Tedy Rusmawan (Ketua DPRD Kota Bandung), Mohammad Isnaeni (Kadiv Bank Syariah Indonesia), Febie Indrawan (Pimpinan Divisi UMKM Bank BJB), Evi Sulistiowati (Team Leader Pemberdayaan UMKM BRI Pusat), dan banyak lagi tokoh masyarakat antara lain, Erie Sudewo, anggota-anggota KADINDA & asosiasi-asosiasi lainnya.

UMKM Idol juga mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah pihak seperti Teten Masduki selaku Menteri Kementerian Koperasi dan UKM serta Pemerintah Daerah Jawa Barat.

Ketua program UMKM Idol Listya Aisanya Illahi menuturkan bahwa “Pembukaan acara ini ditandai dengan dimulainya pendaftaran 1000 tim UMKM dan 1000 tim sales melalui laman resmi UMKM Idol di https://umkm-idol.ukmgo.co.id.

Kompetisi ini rencananya akan digelar selama 17 minggu dari tanggal 27 April – 12 Agustus 2022 dengan konsep yang unik. Tim UMKM akan dipasangkan dengan tim sales. Setelah itu, mereka akan berkolaborasi untuk menjual produk UMKM asal Indonesia sebanyak mungkin. Nantinya, kinerja mereka akan dinilai oleh juri-juri terkemuka di bidangnya dan perkembangan hasil penilaian akan ditampilkan dalam scoring board yang dapat diikuti masyarakat via laman UMKM Idol di atas.

Tim UMKM dan sales yang telah lolos seleksi pendaftaran harus melalui 5 babak yaitu, seleksi dokumen untuk memilih 50 UMKM terbaik, pitching audition untuk memilih 25 UMKM terbaik, speed dating antara UMKM dan tim sales, battle round hingga grand final pada bulan Agustus nanti dan bertepatan dengan hari UKM Nasional.

Di acara Grand Launching tersebut  juga diadakan talkshow yang membahas mengenai pentingnya digitalisasi pada bisnis UMKM. Mengundang narasumber ternama seperti Siti Azizah (Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi & UKM), Reza Nasution (Professor Digital Business Strategy SBM ITB), Ronald Sipahutar (Country Manager Borong) dan lainnya.

Dalam pemaparannya, Siti Azizah menekankan pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan bisnis UMKM untuk berkembang ke tahap yang lebih besar. Terakhir, acara ini ditutup dengan acara buka bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.