Upaya Merek Memanfaatkan Final Liga Champions

2
1467

final liga champions

Liga Champions sudah lama terbukti menjadi platform yang efektif bagi pemasaran. Final Liga Champions 2013 mempertemukan dua klub asal Jerman – Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Para penggila bola tentunya tidak sabar untuk menyaksikan laga yang akan diselenggarakan di Wembley, Sabtu, 25 Mei esok. Diperkirakan sekitar 220 juta pasang mata akan menyaksikan laga paling populer di benua biru tersebut – melampaui jumlah penonton Super Bowl.

UEFA berharap laga tersebut akan menghasilkan € 1,3 miliar (£ 1,1 miliar) dalam pendapatan komersial. Hal ini dipahami beberapa merek dan mereka bersedia membayar ITV hingga £ 250.000 untuk celah iklan final Liga Champions. Kenaikan harga rata-rata 65% dan penyiar mengharapkan meraih pendapatan sekitar £ 8 juta dari cakupannya.

Selain TV, media massa dan para ahli memprediksi sponsor media sosial akan memainkan komponen penting dalam kegiatan pemasaran non-sponsor di seluruh pertandingan tersebut. Seperti yang mereka lihat dan coba tiru dari dampak reaksi blackout Oreo terhadap Super Bowl.

Merek-merek seperti Adidas, Heineken, dan Jaguar sedang mencari cara untuk melewati pemasaran tradisional ke real-time marketing dan co-creation guna memaksimalkan pertumbuhan jangkauan kompetisi yang paling populer di jagat bumi tersebut.

Adidas akan menyusun sebuah tim pemasar termasuk artis untuk membuat kampanye dalam menanggapi peristiwa selama pertandingan yang berlangsung di Wembley. Adidas berharap langkah itu akan meningkatkan promosi mereka melebihi merek-merek non-sponsor yang ingin membajak acara tersebut.

Sponsor lama Heineken telah mengubah kegiatan aktivitasnya untuk mencerminkan usia di mana berbagi telah menjadi bagian inti dari pengalaman ajang ini. Musim ini, Heineken melakukan tur global bersama Trophy Liga Champions sehingga para penggemar dapat berbagi gambar dan video dari diri mereka sendiri di wilayah mereka masing-masing. Kemudian Heineken menggunakan konten dalam “Road to Final” kampanye online.

Sementara itu, Jaguar berusaha meningkatkan peluang keberhasilan dengan menggunakan aktivitas teknologi dual-screening guna membangun buzz di sekitar TV selama pertandingan berlangsung.

Gordon Lott, marketer and managing director of Havas Sport & Entertainment, mengatakan, “Dengan adanya ruang media yang semakin terfragmentasi dan para penggemar yang semakin mudah dalam berbagi konten bermerek, para sponsor Liga Champion belajar tentang bagaimana menggunakannya. Ini bukan tentang bagaimana belanja iklan meningkat guna menarik jangkauan tapi bagaimana teknologi inovatif mendorong kegiatan di seluruh permainan ini.”

Sumber: Marketingweek.co.uk | Photo: prediksibola88.com

2 COMMENTS

  1. Pada awalnya, liga diikuti oleh 14 klub. Namun, masalah keuangan yang dialami AC Oulu dan dikeluarkannya Tampere United dari kompetisi oleh Asosiasi Sepak Bola Finlandia karena melanggar aturan asosiasi menyebabkan musim ini liga hanya diikuti 12 klub. Meskipun begitu, AC Oulu saat ini masih bermain di Ykkönen karena mereka memenuhi syarat untuk bermain di divisi dua liga Finlandia tersebut.

  2. Manchester United yang akan berhadapan dengan Manchester City pada malam ini dan mereka akan memperlihatkan permainan keduanya dengan permainan terbaik kedua nya dan akan saling memberikan hasil yang sangat baik sekali kepada para pendukung mereka masing – masing. Dan mantan pemain Manchester City yang kini sudah bermain untuk AC Milan, Balotelli berharap skuadnya Manchester City bisa berhasil memenangkan laga derby tersebut dengan sukses. Itu adalah harapan bagi Balotelli terhadap City yang ingin mereka meraih kemenangan tersebut. Meski dia sudah tidak lagi bermain untuk City dan dia sudah meninggalkan City dan bermain bersama Milan, cinta nya terhadap Manchester City masih ada dan dia tetap mendukung mereka untuk bisa memenangkan partai yang sangat penting ini dan bisa memberikan dukungan penuh dengan menunjukkan semangat yang lebih kepada skuadnya itu. Balotelli sangat yakin bahwa sang pelatih Mancini bisa memberikan cara terbaik untuk timnya bisa memenangkan laga tandang tersebut dan itu akan mereka dapatkan pada malam ini. Balotelli juga sama sekali tidak lupa dengan kemenangan telak yang mereka dapatkan kemarin 6-1 pada laga derby tersebut dan itu merupakan hasil yang sangat bagus sekali dan itu mungkin tidak akan pernah terjadi lagi, karena semua itu tidak mudah mereka dapatkan pada saat itu. Gol yang dia cetak dalam pertandingan tersebut adalah salah satu pertandingan dan hasil yang sangat bagus sekali dan tidak pernah akan dia lupakan sampai kapan pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.