Upaya Perkuat Usaha Mikro melalui Adopsi Teknologi Digital

Marketing.co.id Berita UMKM | Data Kemenkop dan UKM menyatakan bahwa UMKM telah menyumbang lebih dari 60% PDB Nasional. Pemerintah pun menargetkan modernisasi pada 15 ribu warung tradisional untuk masuk ke ranah ekonomi digital. Peran platform digital, termasuk e-commerce, sangat penting untuk mendorong digitalisasi warung dan toko kelontong dengan menghubungkan toko offline ke ranah digital yang mencakup teknologi pembayaran, logistik, dan produk-produk yang bisa dibeli secara online.

Blibli Mitra pun telah membantu pengusaha mikro dan toko kelontong untuk meningkatkan bisnis dengan memperluas kanal penjualan melalui adopsi teknologi digital. Kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro ini sangat penting untuk mendorong resiliensi ekonomi kerakyatan demi pemulihan perekonomian nasional.

blibli

Melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online Blibli untuk menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM. Blibli Mitra pun menjadi aplikasi pertama di pasar yang menyediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto.

David Michum, Vice President Offline-to-Online Blibli mengatakan, Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital. “Sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi oleh usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil.”

Baca juga: Komitmen Blibli Dukung UMKM di Masa Pandemi

Genap satu tahun sejak diluncurkan pada November 2019, Blibli Mitra telah mencatat performa positif, di mana jumlah mitra sudah bertumbuh hingga 16.000 toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Melalui para mitra toko, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020.

Pandemi COVID-19 semakin mendorong bisnis toko kelontong karena para pelanggan telah membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memilih untuk berbelanja produk sehari-hari di toko dekat rumah. Perubahan perilaku pelanggan ini memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi.

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” lanjut David.

Blibli Mitra mendapatkan dukungan berbagai brand fast moving consumer goods (FMCG) besar, termasuk Unilever Indonesia sebagai salah satu pemimpin pasar. Hira Triadi, selaku Head of eCommerce Unilever Indonesia menyampaikan, “Semangat kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk brand hingga e-commerce seperti Blibli, sangat penting untuk memperkuat usaha mikro demi pemulihan ekonomi. Kolaborasi tersebut juga akan membantu usaha mikro menghadapi masa depan yang penuh dengan transformasi digital dengan mempercepat adopsi teknologi omnichannel yang memang akan semakin meluas penerapannya di industri ritel.”

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.