Wah, Ternyata 73% Karyawan Tidak Puas dengan Pekerjaan Mereka

0
1646

73 Karyawan Tidak Puas dengan Pekerjaan Mereka-JobStreetcom-Indonesia-30102014Apakah Anda puas dengan pekerjaan Anda sekarang? Pertanyaan sederhana ini mungkin tak berani Anda jawab secara jujur. Namun, ada hasil survey dari Jobstreet yang mungkin mewakili jawaban Anda: ada 73% karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka.

Survei kepuasan karyawan terhadap pekerjaan mereka tersebut dilakukan pada awal Oktober 2014 dengan melibatkan 17,263 responden. Faktor apa yang membuat mereka tidak puas?

Pertama, ketidaksesuaian pekerjaan yang ada dengan latar belakang yang dimiliki pada akhirnya membuat 54% karyawan terpaksa bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Tanpa disadari, hal ini berdampak serius pada penurunan produktivitas kerja hingga kecilnya jenjang karier. Faktanya 60% koresponden mangaku tidak memiliki jenjang karier di kantor mereka sekarang.

Kedua, sebesar 85% koresponden juga mengaku bahwa mereka tidak memiliki work-life balance (keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi). Survei JobStreet.com pada bulan September lalu bahkan menyebutkan bahwa 62% karyawan mengaku sulit tidur karena masih memikirkan pekerjaannya. Padahal hasil penelitian yang dilakukan Morgan Redwood di Inggris menyebutkan bahwa perusahaan yang mendorong karyawan untuk memiliki keseimbangan baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan memperoleh pendapatan per tahun 20% lebih besar daripada perusahaan yang tidak mendorong work-life balance.

Ketiga, sebanyak 53% karyawan yang mengaku memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan militer (bangga pada pangkat dan jabatan untuk menggerakan bawahan), paternalis (tidak pernah memberikan kesempatan pada bawahan untuk mengembangkan daya kreatifitasnya) dan laisez faire (membiarkan bawahannya bekerja semaunya, jabatan hanya sebagai simbol dan tidak pernah mau tahu). Buruknya karakter atasan juga dapat mempengaruhi tingginya turn over karyawan disebuah perusahaan. Lebih jauh lagi hal itu juga akan berdampak pada citra perusahaan.

Riset yang dilakukan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa karyawan yang puas dengan pekerjaan mereka akan bekerja lebih produktif. Hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan pikiran dan tubuh mereka.

Masih mau bekerja di tempat yang salah?

(Sumber: JobStreet.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.