Wajib Tahu, 7 Tips Memilih Velg Mobil dengan Tepat!

0
489
tips merawat mobil
Ilustrasi/Shutterstock
tips merawat mobil
Ilustrasi/Shutterstock

Marketing.co.id – Berita Otomootif | Velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang paling sering diganti demi mendapatkan tampilan mobil yang terbilang keren. Nah, sebelum ke bengkel, Anda wajib tahu terlebih dahulu tips memilih velg mobil yang sesuai dengan jenis mobil yang Anda miliki.

Seringkali, beberapa orang cenderung hanya memilih velg mobil berdasarkan selera masing-masing saja. Padahal, kesalahan dalam menentukan velg mobil yang tepat dapat berpengaruh terhadap kualitas performa mobil lho. Ujung-ujungnya, Anda tidak akan bisa mengendarai mobil tersebut dengan nyaman dan aman. Untuk itu, pahami 7 tips memilih velg mobil berikut ini supaya penampilan mobil Anda makin keren tanpa menimbulkan resiko terhadap keselamatan!

Tim jurnalis berhasil mewawancarai Helda Sihombing, content manager Otoklix. Yaitu, sebuah perusahaan startup yang berfokus menjembatani pengguna otomotif dengan para penyedia jasa reparasi mobil, termasuk penjual velg.

“Velg mobil memang bisa menjadikan penampilan mobil lebih gagah, lebih elegan, bahkan mungkin lebih mahal. Namun pemilik mobil harus tahu, bagaimana cara memilih velg mobil yang tepat.” Ucap helda.

Penting! 7 Tips Memilih Velg Mobil Demi Keamanan Berkendara

Jangan memilih velg mobil berdasarkan berat atau ringannya

Tips memilih velg mobil yang tepat tidak bergantung pada apakah velg tersebut berat atau ringan. Mengapa? Karena bobot masing-masing velg mobil sudah dipertimbangkan dengan teliti oleh pabrik pembuatannya dengan memperhitungkan keseimbangan setiap fungsi komponen dalam mobil. Jadi, jangan berpikir bahwa velg yang bobotnya berat sudah pasti bagus dan tahan lama, karena belum tentu akan cocok dengan jenis mobil Anda.

Ketahui bagaimana cara sederhana memeriksa kualitas velg mobil

Nah, tips memilih velg mobil yang kedua ini wajib untuk Anda ingat dan lakukan sebelum benar-benar merasa yakin untuk membeli velg mobil yang baru tersebut. Anda bisa mengetahui dan menguji kualitas suatu velg mobil dengan cara menggantung velg tersebut menggunakan karet, kemudian memukul velg dengan menggunakan obeng.

Sekarang coba dengarkan bagaimana bunyinya. Jika bunyi yang terdengar cenderung halus namun bertahan lama, maka dapat diyakini bahwa velg mobil tersebut berkualitas baik. Tetapi sebaliknya, jika bunyi yang terdengar terkesan nyaring namun dengungnya hanya sebentar, maka itu berarti velg tersebut menggunakan material ataupun pemrosesan yang tidak baik.

Perhatikan ukuran beban maksimum velg mobil yang akan Anda gunakan

Masing-masing velg mobil memiliki ketentuan mengenai batas maksimum beban yang dapat ditampung atau disebut juga dengan Load Maximum. Oleh sebab itu, tips memilih velg mobil agar tidak menyesal di kemudian hari adalah dengan memastikan bahwa velg tersebut memiliki kapasitas beban yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Jika ragu, Anda bisa menanyakan terkait hal ini kepada mekanik mobil yang berpengalaman terlebih dahulu.

Kenali spesifikasi baut yang sesuai dengan tipe mobil Anda

Tidak semua velg memiliki spesifikasi baut yang sama. Begitu juga, tidak semua tipe mobil dapat menggunakan semua jenis velg. Spesifikasi baut ini yang disebut juga dengan PCD atau Pitch Circle Diameter merupakan ukuran jarak antara lubang baut yang terdapat pada velg mobil.

Pada umumnya, ada dua jenis spesifikasi baut yang biasanya digunakan pada ban mobil, yaitu velg berukuran 4 baut dan satu lagi velg dengan ukuran 5 baut. Nah, ukuran baut ini bisa Anda ketahui pada penulisan angka seperti 4×100, atau 4×114,3, 5×114,3 dan 5×112 yang terdapat pada velg mobil.

Angka 4 dan 5 yang pada awal keterangan menunjukkan jumlah lubang baut velg yang digunakan, sedangkan angka 100 maupun angka 114,3 dan angka 112 merupakan ukuran jarak diameter di setiap bautnya dalam satuan milimeter. Jadi, tips memilih velg mobil yang tepat adalah dengan memastikan spesifikasi baut velg yang akan digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan mobil Anda tentunya.

Hati-hati saat memilih velg mobil dengan warna polish

Teliti saat memeriksa velg yang menggunakan cat warna polish merupakan tips memilih velg mobil yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, jika Anda menemukan velg mobil yang memiliki garis halus berwarna putih di sekitar ujung titik temu antara cat dengan polish, maka itu menunjukkan bahwa terdapat bagian velg tersebut yang catnya sudah terkelupas. Karena itu, teliti sebelum membeli!

Pertimbangkan ukuran diameter velg mobil, jangan kebesaran

Beberapa orang seringkali memilih untuk meningkatkan ukuran velg yang jauh lebih besar dibandingkan ukuran velg standar yang digunakan. Boleh saja, asalkan ukuran tersebut tidak terlalu besar sehingga tidak kompatibel dan cenderung beresiko.

Gantilah velg mobil Anda sesuai dengan petunjuk yang disarankan, yaitu maksimal 2 tingkat lebih tinggi atau lebih besar 2 inci dari ukuran standar agar tidak terlalu tinggi dan menimbulkan resiko ban terhimpit fender atau spakbor.

Pastikan ukuran lebar velg sudah kompatibel

Tips memilih velg mobil yang terakhir yang wajib Anda perhatikan adalah ukuran lebar velg. Kesesuaian ukuran lebar velg yang digunakan sangat menentukan kondisi kaki-kaki mobil. Yang mana bibir velg maupun ban mobil bisa jadi beresiko menyentuh area dalam fender jika ukurannya terlalu ekstrim.

Nah, untuk memilih velg mobil yang paling tepat tentunya Anda langsung datang ke bengkel mobil terdekat, kan? Di Otoklix, Anda bisa menemukan ribuan bengkel pilihan dengan mekanik berpengalaman namun dengan harga yang relatif sangat terjangkau. Anda tentu akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bengkel yang paling terdekat dengan lokasi tempat tinggal dan segera melakukan booking online sesuai dengan jadwal waktu luang Anda. Mudah banget kan?

Demi memberikan layanan yang lebih baik serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru yakni otoklix.com.

Promo otoklix.comPembaruan website ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content. Untuk merayakan hadirnya website baru ini, perusahaan mengadakan promo PAKOTO, yaitu Pakai Aplikasi Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix bisa mendapatkan diskon voucher sebesar Rp150 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.