Sepeda adalah kendaraan yang memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai alat transportasi dan olahraga. Di negara yang telah menerapkan konsep ramah lingkungan, sepeda dijadikan transportasi andalan penduduk.
Di olahraga, sepeda menjadi cabang yang bergengsi. Setiap tahun, di Prancis digelar lomba Tour de France sedangkan Indonesia dikenal Tour de Singkarak.
Komite Olimpiade memasukkan olahraga sepeda dalam dua kategori, yaitu sepeda balap, BMX, dan Downhill.
Sebagai medium olahraga kebugaran, sepeda sangat praktis dan menyenangkan. Tidak heran, belakangan ini olahraga sepeda semakin digemari.
Di Indonesia salah satu perusahaan yang meramaikan pasar sepeda adalah PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries dengan merek dagang Wimcycle.
Perusahaan yang telah mengenyam pengalaman lebih dari tiga dekade ini tidak hanya sukses di pasar dalam negeri tapi juga di pasar ekspor.
Wimcycle sukses mengirim sepeda ke 20 negara dan menjadi kontributor ekspor sepeda lokal Indonesia terbesar dalam beberapa tahun terakhir.
Banyaknya pilihan produk membuat Wimcycle memiliki keunggulan kompetitif dalam meraih segmen pasar.
Wimcycle menawarkan jenis sepeda terluas di Indonesia, mulai dari sepeda model anak-anak hingga dewasa. Salah satu type sepeda yang digemari pasar adalah BMX.
Urip Aminoto, marketing department Wimcycle, mengatakan bahwa pasar sepeda untuk type BMX memang tidak sebesar jenis lain, tapi pertumbuhannya terus menunjukkan peningkatan signifikan.
Sepeda BMX memilki banyak model. Jadi cakupan pasarnya semakin luas. Selain itu, BMX memiliki ribuan penggemar yang tergabung di dalam Komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.
Di beberapa kota bahkan telah disediakan tempat berlatih olahraga BMX, sehingga mereka menjadi lebih mudah belajar gaya-gaya baru.
“BMX itu banyak variannya, peluang pasarnya masih sangat besar. Hal itu bisa kita lihat dari makin banyak merek yang mengeluarkan produk yang sama. Di beberapa tempat antusiasme terhadap BMX ini memang sangat tinggi,” ungkap Urip.
Wimcycle, kata Urip, tidak merasa khawatir dengan persaingan yang semakin ketat. Untuk menjawab tantangan tersebut, perusahaan terus melakukan strategi viral marketing yaitu dengan terus memompa semangat anak muda bahwa BMX adalah lifestyle.
“Untuk memopulerkan BMX biasanya kita rutin mengadakan event seperti di Car Free Day. Di sana kita mengedukasi pasar, mereka bisa lihat, atau kita kirim atlet ke beberapa kompetisi, dan mendukung event-event lokal,” terang Urip.
Menurut Urip, BMX ini bukan hal yang baru. Hanya saja trennya terus berputar. Dua tahun lalu BMX sangat booming lalu redup dan sekarang ini booming kembali.
Untuk varian BMX yang dibuat, Wimcycle menargetkan anak muda – SMP dan SMA – karena belum lama ini dibeberapa kompetisi pesertanya kebanyakan anak SMP dan SMA.
Untuk mendekati pasar yang ditarget, Wimcycle menggunakan viral marketing. Wimcycle menggunakan endorser untuk mengundang pembicaraan yang seru di media sosial.
“Mereka kalau latihan upload video, sehingga teman-teman di komunitas atau umum bisa melihat trik-trik terbaru,” jelasnya.
Sedangkan untuk mengenalkan BMX Race, Wimcycle sudah melakukan kompetisi tingkat nasional mulai dari tahun 2012-2014.
Tahun ini, seri 1 kompetisi itu telah digelar di sirkuit Bamboo Runcing, Temanggung dengan nama Thrill Indonesia National Series 2015. Seri berikutnya, akan di helat di regional Jawa timur dan Jawa Barat.
Wimcycle merekrut endorser beberapa atlet BMX Race seperti Puguh Admadi, Tony Syarifudin, Elga Charisma, Tifania Adine Almira, dan Steven Wong. Tidak hanya lokal, Wimcycle juga mendukung beberapa racer dari Eropa.
Dan, untuk komunitas BMX, Wimcycle mendukung acara Local Heroes 2014-2015 – kompetisi BMX street dan flatland.
Di ajang ini, Wimcycle memiliki atlet seperti Herman Sulaeman (Muntink), Januar Susanto (Botay) dan Heru Anwari.
“Selama ini viral marketingnya lewat digital – media sosial, namun ada juga yang dilakukan offline dengan cara membuat event,” lanjut Urip.
“Media sosial itu sangat efektif. Endorser biasanya berkicau di tweet atau posting tentang Wimcycle dan hasilnya sangat bagus,” jelasnya.
Bagi Urip, endorser memiliki peran yang sangat penting, karena di industri BMX mereka perlu seorang idol. Terutama bagi pemain-pemain baru yang sedang mencari style permainan.
Utamakan kualitas
Urip menjelaskan bahwa Wimcycle menempatkan prioritas tertinggi pada pengecekan yang tepat dan kontrol kualitas yang ketat untuk memastikan produk bebas dari cacat dan memenuhi standar keamanan.
Tes-tes dilakukan para teknisi pengendalian mutu dengan menggunakan peralatan laboratorium modern. Wimcycle tahu betul pentingnya kontrol kualitas dari awal proses manufaktur. Selain itu, Wimcycle juga terus melakukan inovasi agar tantangan trend bisa dijawab.