XL dan Musica Studio’s Hadirkan “Musikkamu”

MARKETING, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL) berkomitmen ikut mendorong kemajuan industri musik Indonesia. Untuk merealisasikannya, XL bekerja sama dengan Musica Studio’s meluncurkan layanan baru bernama “Musikkamu” – sebuah layanan konten yang dapat dinikmati di ponsel dengan konsep fans-base.

Dian Siswarini, Direktur Teknologi, Content dan New Busines XL, menjelaskan, Musikkamu adalah layanan berupa (i) Konten musik pertama di Indonesia yang dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal di antaranya adalah Layanan Games, yang terbukti masih sangat diminati pelanggan, dan diprediksi akan semakin meningkat. (ii) Musik digital menjadi salah satu primadona layanan value added service yang mengkontribusi revenue yang signifikan. (iii) Dengan adanya social media, penyebaran pesan promosi akan menjadi lebih efektif. Sosial media dibutuhkan untuk menciptakan efek viral communication. (iv) Mobile platform. Selama ini, layanan yang berbasis musik dan infotainment lebih didominasi oleh WEB platform. Musikkamu adalah portal/platform berbasis WAP pertama di Indonesia (v) Musikkamu menyediakan layanan dimana artist bisa berkomunikasi langsung dengan penggemarnya (build an engagement between artists and their fans).

“XL selalu berusaha untuk menghadirkan layanan yang inovatif dan memiliki manfaat lebih bagi pelanggannya. Diharapkan, layanan Musikkamu akan mampu berkontribusi pada kemajuan industri musik Indonesia secara signifikan,” katanya saat acara pelunculan layanan baru Musikkamu yang berlangsung di Jakarta, Rabu (16/5) lalu.

Lebih lanjut diungkapkan, Musikkamu dapat dinikmati di berbagai jenis ponsel dengan fasilitas WAP, termasuk ponsel low-end dengan menggunakan menu UMB. Ia menambahkan, selain untuk mengunduh RBT, ringtone, full track, wallpaper, dan informasi lengkap mengenai musisi favorit, dalam waktu dekat layanan ini akan dilengkapi dengan fasilitas live chat yang bisa dipakai pelanggan untuk berinteraksi dengan teman-temannya, bahkan juga dengan para musisi idolanya.

Sementara itu, Gumilang Ramadhan, Direktur  Musica Studio’s mengatakan, melalui Musikkamu, diharapkan hubungan artis dan fans mereka akan terus terjaga dan terjalin semakin erat. Selain itu, pelanggan dapat mengajak teman-temannya untuk dapat membuat band virtual yang dapat ikut kompetisi khusus. Musikkamu juga dapat dihubungkan dengan akun Facebook dan Twitter pelanggan sehingga mereka dapat memberitahukan aktivitas mereka di Musikkamu kepada teman-temannya. Pelanggan juga dapat membuat avatar personalisasi diri mereka dan mendandaninya dengan barang-barang virtual yang dapat dibeli.

Dalam Musikkamu, sambungnya, pelanggan juga dapat melihat tangga lagu yang paling banyak diunduh setiap minggunya, serta mengintip jadwal tur dan event musisi kesayangannya. Tak hanya itu, Musikkamu juga memberikan sistem point di mana nantinya point dapat ditukarkan dengan merchandise dan tiket konser, serta level yang akan menantang penggunanya. Musikkamu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari semua musisi dari label Musica Studio’s, antara lain Peterpan, Geisha, Nidji, D’Masiv, Duette, Kesna, Supernova, Astoria, Sheryl dan masih banyak lagi.

Untuk pendaftaran, pelanggan dapat menikmati layanan Musikkamu dengan mendaftar melalui *123*511# atau melalui halaman m.musikkamu.com. Untuk tarif, Musikkamu memberikan keleluasaan untuk mengunduh semua konten dari satu musisi dengan satu tarif. Pelanggan dapat memilih musisi yang mereka senangi dan mengunduh lagu utuh, ringtone, RBT, wallpaper musisi tersebut sebanyak mungkin. Untuk berlangganan ini, pelanggan hanya dikenakan biaya Rp 2.000,- setiap minggunya. Bila tak ingin berlangganan, pelanggan dapat mengunduh konten yang ia suka saja dengan biaya Rp 1.000,- untuk satu konten. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.