XL Gandeng 6 Mitra Bisnis Garap XCloud

0
707
Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL (Tengah), diantara perwakilan Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft

Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL (Tengah, berbatik coklat), diantara perwakilan Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft

MARKETING, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL) pada Selasa (10/5) lalu, meluncurkan layanan komputasi awan (cloud solution) bernama XCloud. Untuk merealisasikan XCloud, XL bekerjasama dengan 6 mitra bisnis. Mereka adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Menurut Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL, pihaknya percaya bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di Indonesia dan salah satu peluang bisnisnya terdapat pada penyediaan solusi komputasi awan. Masuknya XL pada bisnis komputasi awan ini sekaligus menunjukkan bahwa XL terus melakukan inovasi dan transformasi bisnis baru, termasuk di data, untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Indonesia.

“XL ingin menjadi salah satu penyedia jasa solusi komputasi awan yang terdepan di Indonesia. Meski saat ini sudah cukup banyak para pelaku bisnis komputasi awan, namun XL siap untuk terjun ke bisnis ini dengan membawa suatu visi yang dapat dikatakan berbeda. XL percaya bahwa dengan berkolaborasi dengan banyak pihak maka solusi yang akan dihasilkan dapat dimaksimalkan. Karena itu, XL bekerja sama bukan hanya dengan satu atau dua mitra, melainkan bekerja sama dengan beberapa mitra sekaligus,” kata Hasnul, dalam acara peluncuran XCloud di Jakarta, Kamis (10/5) lalu.

Ditambahkan, para mitra yang yang mengikat kerjasama dengan XL tersebut merupakan para pemimpin teknologi di bidang information technology (IT) baik pada skala nasional maupun internasional. Teknologi komputasi awan yang mereka miliki merupakan teknologi dengan tingkat kehandalan tinggi dan telah diterapkan di banyak negara. Bersama-sama dengan XL, yang memiliki kekuatan antara lain di sisi brand dan jumlah pelanggan yang ada, sinergi dengan semua mitra diharapkan dapat menangkap peluang di bisnis komputasi awan ini.

Dr. Arkav Juliandri, GM Cloud & Machine to Machine Technology Strategic Business Solution XL menambahkan, saat ini, solusi yang ditawarkan oleh XCloud memiliki fokus pada area Public Infrastructure as a Services (IaaS). Pada jenis layanan ini, XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet. Selain itu, XCloud juga siap menyediakan layanan Software as a Services (SaaS) bagi produk Microsoft Office 365, yang merupakan produk baru dari Microsoft. XL sendiri merupakan operator pertama yang ditunjuk oleh Microsoft untuk mempersiapkan layanan yang sangat inovatif ini.

“Melalui XCloud, XL telah siap memenuhi kebutuhan para pelanggan yang cukup beragam. XL bahkan siap menyediakan layanan komputasi awan bagi pelanggan yang menginginkan datanya disimpan di Data Center yang memiliki kualitas kelas dunia sebagai komplemen dari data center di Indonesia. Bekerja sama dengan mitra yang ada, XL menyiapkan data center berlokasi di Singapura dengan standar kualitas Singapura Data Center, tempat di mana perusahaan-perusahaan raksasa seperti antara lain Amazon mempercayakan data mereka untuk disimpan,” jelasnya.

XL, sambungnya, juga siap bersaing dengan penyedia layanan komputasi awan yang menggunakan data center di Indonesia, dengan tarif yang sangat kompetitif. Kualitas sumber daya yang dimiliki XL juga dijamin dengan sertifikasi dari sejumlah vendor terkemuka. XCloud juga mendapatkan support arsitektur sistem IT yang handal, yang akan menjamin kualitas tinggi. Selain itu, tentu saja tersedia Service Center yang mumpuni yang diharapkan akan menghadirkan total solusi komputasi awan sesuai dengan keinginan para pelanggan.

“Terdapat setidaknya 4 manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh pengguna layanan XCloud: simpel, cepat, fleksibel, dan biaya nya dapat dikontrol. Manfaat-manfaat inilah yang diinginkan oleh pelanggan,” tambahnya.

Karena itu, acara ini juga ditandai dengan penyerahan sertifikat pelanggan korporate pertama XCloud kepada PT Berkat Inovasi Megah, produsen BIM-card yang dapat membuat kamera digital memiliki fasilitas koneksi wifi untuk mengirimkan dan menyimpan data di fasilitas XCloud. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.