Harpelnas 2022: Memberi, Mengerti dan Mencintai Pelanggan

Leonardi Djamaluddin, Group Head of Operations and Planning Youtap Indonesia. Foto: Dokumentasi Youtap Indonesia.

Lewat semangat memberi, mengerti dan mencintai, Youtap Indonesia menjadi salah satu brand aplikasi POS yang direkomendarikan pelanggan

Marketing.co.id – Berita Marketing | Hasil riset Qualtrics 2022 Global Consumer Trends menyebutkan bahwa hampir semua pelanggan di Indonesia (96%) tidak puas dengan layanan pelanggan yang mereka dapatkan di tahun 2021. Ketidakpuasan tersebut bisa merugikan perusahaan di Indonesia hingga USD 59 miliar pertahun.

Di sisi lain, salah satu perusahaan kecantikan terbesar dengan 100 cabang di seluruh Indonesia melaporkan pertumbuhan labanya naik hingga 228% di Q3 2021, karena keberhasilannya dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa memberikan layanan pelanggan yang baik sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk melayani pelanggan sebaik mungkin demi menjaga kepuasan pelanggan yang semakin luas dan beragam. Terlebih, memiliki pelanggan yang loyal dan setia akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat di tengah ketatnya persaingan.

Youtap Indonesia adalah salah satu perusahaan yang sangat menyadari akan pentingnya menjaga kepuasan pelanggan. Untuk mewujudkannya, Youtap memposisikan diri sebagai teman bagi para pelanggannya.

“Sesuai dengan moto perusahaan ‘Mengerti, Memberi, Mencintai’, kami memposisikan diri sebagai teman bagi pelanggan,” ujar Group Head of Operations & Planning Youtap Indonesia Leonardi Djamaluddin.

Menurutnya, dengan mengerti kita bisa mengetahui berbagai kebutuhan pelanggan hingga akhirnya dapat menghadirkan (memberi) solusi yang tepat. “Sebagai solusi digital yang hadir menjawab kebutuhan pelaku usaha di berbagai sektor, kami tidak hanya ingin sekadar mempermudah pelanggan dalam berdagang, tapi juga sebagai teman yang secara proaktif mendampingi dan memberi dukungan penuh untuk berkembang,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peran sebagai teman bagi pelanggan juga dilakukan lewat kehadiran berbagai layanan seperti adanya customer service 24 jam, melakukan pendekatan personal dengan rutin mengunjungi setiap merchant, member pelatihan khusus serta dukungan teknologi terkini.

Lewat usaha tersebut, para pelanggan dapat melihat bukti konkrit keseriusan Youtap dalam menghadirkan layanan terbaik. Dengan berbagai program khusus yang dijalankan banyak dari pelanggan yang akhirnya merekomendasikan solusi digital Youtap kepada rekan maupun temannya untuk membantu bisnisnya. Hubungan saling menguntungkan inilah yang membuat Youtap terus mencintai mereka dengan mengajak mereka terus maju dan berkembang melalui solusi digital.

Motto ‘Mengerti, Memberi, Mencintai’ terus menjadi dasar semangat para Tappers (sebutan untuk karyawan Youtap) dalam menjalankan pekerjaannya, karena bisnis Youtap secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada sosial-ekonomi masyarakat luas terutama kelompok yang rentan (para pedagang kecil).

Di momen Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2022, ia berharap agar perwujudan visi Youtap menjadi solusi digital serba bisa yang dapat digunakan diberbagai jenis usaha dapat terus terlaksana. Hal ini tentunya bisa berjalan lewat semangat memberi, mengerti dan mencintai para pelanggan untuk menjadi solusi terbaik bagi para merchant Youtap.

“Ke depan, kami akan terus meningkatkan standar layanan serta terus berinovasi agar dapat menjawab kebutuhan dari setiap para pelaku usaha sehingga tercipta transformasi UMKM yang turut mendorong kebangkitan ekonomi di Indonesia,” pungkasnya. “Di Harpelnas ini, saya sekaligus berharap agar Youtap dapat terus melayani, memahami dan membantu semua pelanggan dan merchant kami dalam menjalankan kegiatan usahanya sehari hari.”

Segala upaya yang dilakukan Youtap Indonesia untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggannya berbuah manis. Hasil riset tatap muka yang dilakukan lembaga riset independen InsightAsia pada Januari 2022 terhadap 528 merchant di Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya menyebutkan bahwa Youtap adalah salah satu brand aplikasi POS yang direkomendarikan dengan Net Promoter Score (NPS) sebesar 16%.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan aplikasi sejenis yang hanya mendapatkan nilai NPS 2%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa Youtap telah menjadi sebuah brand yang dinilai mampu menjawab semua kebutuhan dari para penggunanya. Dan, semua itu berhasil diraih karena Youtap Indonesia memberi, mengerti dan mencintai pelanggannya. Selamat Hari Pelanggan 2022!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.