Yuk! Belajar Teknik Persalinan Hypnobirthing

0
85
ilustrasi/unsplash

Tentang Anak: Belajar Teknik Hypnobirthing untuk Persalinan Nyaman dan LancarMarketing.co.id – Berita Lifestyle | Hypnobirthing merupakan metode atau teknik yang salah satu tujuannya untuk dapat memprogram ulang pikiran dari memori yang kurang baik, terutama yang berhubungan dengan persalinan, dengan memasukkan afirmasi positif mengenai persalinan.

Hypnobirthing juga menjadi salah satu cara untuk mengelola stress saat kehamilan. Karena menurut studi, ibu hamil yang stress dapat meningkatkan resiko bayi mengalami Alergi, Kolik, Diabetes, Autis dan kelahiran premature.

Stress berkepanjangan juga dapat memengaruhi kesehatan emosi dan psikologi bayi di masa depan. Sehingga, dengan ibu dibekali mengelola stress saat kehamilan dapat membantu generasi yang hadir cerdas dan sehat secara lahir dan bathin, jasmani dan ruhaniah.

Untuk mengupas secara mendalam tentang teknik lahiran hypnobirthing, Aplikasi Tentang Anak kembali menggelar webinar mingguannya, Kamis (9/6). Kali ini webinar mengundang bidan, hypnobirthing practitioner sekaligus founder @bumilpamil.id Jamilatus Sadiyah.

Selama sesi webinar, Jamilatus Sadiyah memaparkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan teknik hypnobirthing, di antaranya:

  • Teknik hypnobirthing dapat dilakukan oleh calon ibu sejak di awal kehamilan, lebih awal lebih baik dan harus dipraktekkan secara berulang atau repetisi, minimal 3-4 kali dalam seminggu.
  • Teknik hypnobirthing tidak hanya terbatas dilakukan oleh calon ibu, tapi calon ayah juga dapat berpartisipasi untuk mempraktekannya. Karena bisa saja calon ayah juga memiliki ketakutan yang sama, sehingga mindsetnya juga perlu dikelola.
  • Calon orang tua dapat memulai teknik hypnobirthing dengan mensugesti atau afirmasi positif setiap harinya terhadap diri sendiri, seperti contohnya:
    • Kehamilan: janin, plasenta, air ketuban, selaput ketuban, tali pusar sehat secara lahir dan batik hingga persalinan
    • Persalinan: persalinan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, dikuatkan, diikhlaskan, proses yang bahagia
    • Menyusui: asiku lancar, cukup memenuhi kebutuhan nutrisi lahir dan batik bayiku
  • Adapun cara melakukan komunikasi dengan janin yang dapat dilakukan saat relaksasi hypnobirthing guna mengurangi stres dan afirmasi positif terhadap diri serta bayi:
    • Lakukan komunikasi setiap kali beraktivitas sehari-hari
    • Sesekali minta pendapatnya akan suatu hal
    • Ajak berkomunikasi tentang apapun yang ibu rasakan
    • Sapa janin apabila bergerak atau menendang

Jamilatus menjelaskan, hypnobirthing memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu, bayi dan ayah selama proses kehamilan hingga persalinan usai, di antaranya seperti meningkatkan ketenangan diri untuk sel-sel kesehatan ibu dan janin, mengurangi mual, muntah dan pusing, mengatasi kecemasan dan ketakutan selama hamil dan persalinan, mengurangi resiko terjadinya komplikasi persalinan hingga mengurangi resiko baby blues nantinya.

“Kami dari Tentang Anak ingin memastikan calon orang tua dan bayi yang akan lahir dapat sehat dan bahagia dengan terus memberikan pendampingan melalui berbagai aktivitas edukasi di aplikasi, sosial media dan support group”, pungkas Jamilatus yang juga merupakan expert aplikasi Tentang Anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.