Yuk, Pilih-Pilih Bisnis Franchise dan Waralaba

Suasana di tiket konter pameran (foto: Lia)

Anda yang berniat berbisnis dan sudah memiliki dana, ada baiknya melongok “Franchise & License Expo Indonesia”. Ajang yang dihelat di Jakarta Convention Center, 11 – 13 September 2015 ini menghadirkan 300 merek waralaba dari 16 negara.

Merek waralaba lokal yang akan hadir mulai dari yang sudah terkenal seperti Alfamart dan Indomaret, hingga yang masih asing di telinga seperti Moonleal Tea Shop atau Cranky Crab. Warabala asing yang ikut meramaikan event ini antara lain Presto Wonders (India), FastSigns, 9 Round, Park Lane Jewelry (AS), dan GymKidz (Singapura).

Iklim ekonomi makro yang kurang mengembirakan rupanya tidak membuat model bisnis Franchise dan Waralaba loyo, Kementerian Perdagangan RI memprediksi usaha waralaba akan tumbuh sebesar Rp 15-20 persen di tahun 2015.

Dalam siaran pers yang kami terima, Ketua Komite Tetap Waralaba, Lisensi, dan Kemitraan Kadin, Amir Karamoy mengatakan, tantangan Indonesia saat ini adalah bagaimana mengembangkan pengusaha mikro dan kecil sebagai pewaralaba agar usaha mereka masuk ke skala menengah dan besar. Sedangkan untuk pengusaha menengah dan besar didorong agar berani mengekspor waralaba mereka ke luar negeri.

Dalam berinvestasi dikenal istilah “investigate before invest”, karena itu Reed Panorama Exhibitions selaku penyelenggara pameran akan memfasilitasi calon investor untuk mengenal lebih dekat pewaralaba (franchisor) melalui “Franchise Business Presentation”. Dalam forum ini pewaralaba akan mempresentasikan bisnis dan cerita sukses mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.