ZAP Beauty Index 2023: Wanita Lebih Suka Pria yang Melakukan Perawatan Kulit

0
34
Seorang pria sedang mendapatkan Infuse Booster di MENOLOGI by ZAP Kota Kasablanka

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Setiap hari iklan produk kecantikan berseliweran di semua channel media, baik sosial media, TV, radio dan iklan luar ruang. Kecantikan dan perawatan tubuh tidak lepas dari kebiasaan wanita yang selalu ingin tampil cantik baik luar maupun dalam. Namun dengan pergeseran gaya hidup, saat ini pria juga tak mau kalah untuk peduli dengan penampilan diri.

Survei yang dilakukan oleh ZAP dalam ZAP Beauty Index 2023 mengungkapkan beberapa temuan menarik seperti pengaruh influencer dan brand lokal, tren kecantikan, perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal hingga tipe pria idaman.

Poster-poster hasil ZAP Beauty Index 2023 sebagai masukan bagi dunia kecantikan di tahun mendatang. Foto: marketing.co.id/lialily.

Feriani Chung, Chief Marketing Officer ZAP Clinic menjelaskan, “Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. ZAP Beauty Index 2023 dapat menjadi masukan bagi kami untuk terus menggali hal-hal yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh wanita Indonesia dalam mempercantik diri. Semoga ZAP Beauty Index ini dapat menjadi referensi bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia”.

Tren Kecantikan Favorit

Tahun sebelumnya, 53,8% wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53,6% mencari manfaat melembabkan. Sedangkan tahun ini 60% wanita lebih banyak mencari Skincare dengan manfaat melembabkan daripada manfaat anti-acne. Sementara itu ditemukan bahwa 14,4% remaja perempuan dibawah 19 tahun mulai mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini atau anti-aging.

Sebanyak 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan me-time yang paling disenangi, terutama facial untuk membuat wajah lebih glowing yang disukai oleh lebih dari 50% wanita.

Brand dan Influencer Lokal Jadi Juara

Semakin hari Brand kecantikan lokal semakin menunjukkan kualitasnya di pasar kecantikan dalam negeri. Sebanyak 96,8% wanita Indonesia banyak yang menggunakan produk lokal. Bahkan, terdapat 19% wanita yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka. Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan oleh wanita Indonesia adalah serum, facial washsunscreen dan pelembab.

Pengaruh Beauty Influencer juga memberikan dampak besar bagi produk-produk kecantikan yang ada. Sebanyak 78% wanita Indonesia lebih memilih influencer lokal daripada artis Korea. Hanya sekitar 16,8% wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 8,5% terpengaruh oleh girlband/boyband Korea. Secara mengejutkan, selain Instagram, TikTok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51,5% wanita mengaksesnya untuk memperoleh informasi, tips dan trik terkait kecantikan.

Tipe Pria Idaman Wanita

Ada yang unik pada ZAP Beauty Index 2023 kali ini. Survei mencari tahu kriteria pria sempurna di mata para wanita Indonesia dan hasilnya, wanita menyukai pria yang peduli dengan penampilan dan perawatan diri serta kulit. Sebanyak 95,1% wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin dan 82,9% wanita menganggap bahwa penting bagi pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik.

Terkait pesona dan fisik, 87,5% wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77,3% dan 67,5%. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati.

“Selama 8 tahun kami telah melakukan survei ZAP Beauty Index ini dan setiap tahun selalu ada kejutan-kejutan baru dari hasil yang didapat. Kami senang setiap tahun wanita dan pria semakin concern dengan perawatan diri mereka mulai dari kepala hingga kaki. Semoga tahun depan, akan ada lagi kejutan baru yang kami dapatkan mengenai dunia kecantikan utamanya yang dapat menjadi masukan yang berharga bagi pengembangan ZAP Clinik”. tutup Feriani.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.