ZAP Siap Ekspansi ke Korea Selatan

Di tahun 2018, Klinik kecantikan ZAP makin serius berekspansi dengan mulai menjajaki buka cabang luar negeri. Cabang perdana ZAP rencananya akan berlokasi di ibukota kecantikan dunia, Korea Selatan. CEO ZAP Fadly Sahab pekan lalu sudah mulai survei lokasi ke daerah Gang Nam di Korea Selatan, area yang menjadi target cabang luar negeri ZAP beauty clinic.

ZAP Treatment Rejuvenation
ZAP Treatment Rejuvenation

Menurut Fadly, ekspansi ke Korea Selatan akan membawa tantangan baru yang sangat berbeda dengan yang sudah pernah klinik kecantikan lain.Korea Selatan memang sangat menantang, karena upah minimumnya sangat tinggi sekitar Rp17 juta, sementara rata-rata tarif perawatan kulit hanya dua kali lebih tinggi dari di Jakarta. Tapi kalau ZAP berhasil survivedi sana, kami yakin membuka cabang di daerah yang lain seperti Asia Tenggara akan jauh lebih mudah”, ujar Fadly saat bincang santai dengan redaktur media di Jakarta, hari Kamis (22/02) lalu.

Dari hasil survei yang Fadly lakukan, di daerah Gang Nam ada sekitar 700 klinik kecantikan, sehingga membuat persaingan bisnis kecantikan di sana sangat ‘panas’. Sayangnya rencana membuka cabang di Korsel belum akan dilakukan dalam waktu dekat, ZAP akan merealisasikannya di tahun 2020. Di luar upah tenaga kerja yang tinggi, biaya membuka cabang diluar negeri tidak terlalu jauh berbeda dengan membuka satu outlet ZAP premium di Jakarta, sekitar 5 miliar rupiah.

IPO Demi Bangun Rumah Sakit

Selain rencana ekspansi keluar negeri, CEO ZAP Fadly Sahab juga mulai mempersiapkan ZAP untuk masuk bursa saham lewat initial public offering, atau penawaran saham pada publik. Aksi IPO rencananya akan dilaksanakan di tahun 2021. Dana dari IPO akan digunakan untuk mengintegrasikan bisnis kesehatan dan sistem klinik kecantikan ZAP ke dalam bisnis rumah sakit.

Berapa target modal yang akan dihimpun, ZAP masih menghitungnya. Untuk persiapan IPO, perusahaan juga sudah melakukan mentoring dengan beberapa konsultan bisnis, serta memenuhi syarat seperti memiliki laporan keuangan yang teraudit selama tiga tahun.

“Sebenarnya ada beberapa opsi untuk menghimpun modal. Tapi saat ini yang paling masuk akal adalah IPO. Selama kita transparan seperti selama ini, sahamnya juga bisa dibeli publik dan kendali atas perusahaan juga tidak hilang,” tambah Fadly Sahab.

Rising Star Industri Kecantikan 

Pertumbuhan ZAP beauty clinic sejak berubah dari hair removal menjadi klinik kecantikan pada 2013 lalu cukup signifikan. Tahun 2017 lalu, omzet ZAP tumbuh 71% berasal dari 900 ribu perawatan kulit dengan teknologi laser. Jumlah perawatan sepanjang tahun 2017 juga tumbuh 80%, diikuti jumlah outlet yang bertambah 40%. Pertumbuhan ini jauh diatas rata-rata pertumbuhan industri kecantikan yang sekitar 12% per tahun (data L’oeral – 2016).

Sampai pertengahan Februari 2018 ZAP beauty clinic sudah mendirikan 35 outlet, dan berencana menambah 15 outlet lagi sampai akhir tahun 2017. Saat ini ZAP memiliki sekitar 170 ribu pelanggan, dan 719 karyawan yang 92% adalah wanita.

 

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.