Zespri Kiwifruit: Menjual Keunggulan Buah Kiwi

Meskipun buah kiwi memiliki bentuk fisik yang tidak menarik, dengan pengemasan dan promosi yang tepat, Zespri Kiwifruit mampu menembus pasar di 70 negara.

DSCF0354web
Yuyuh Sukmana, Marketing Development Manager – Indonesia, Zespri International

Seperti diketahui, vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh, dan berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin C yang tinggi dibutuhkan seluruh sel dan organ tubuh agar bisa berfungsi optimal dan menjaga tubuh dari infeksi dan penyakit. Selain itu, sebagai antioksidan, vitamin C mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Proses ini dapat mempercepat proses penuaan, menyebabkan penyakit kanker dan jantung—yang disebabkan oleh asap rokok, polusi yang tinggi, dan metabolisme yang rendah.

Salah satu buah yang kaya akan vitamin C adalah kiwi. Kepadatan nutrisi buah kiwi lebih  tinggi dibanding buah lainnya. Bahkan menurut USDA Nutrient Database (Maret 2010), buah kiwi memiliki kandungan vitamin C paling tinggi ketimbang pepaya, jeruk, mangga, nanas, pisang, dan apel. Dengan mengonsumsi dua buah kiwi sehari, ternyata, kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa telah mampu tercukupi.

“Zespri International berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik melalui penyediaan buah kiwi yang berstandar tinggi—baik soal rasa maupun ukuran. Tak hanya itu, kami juga senantiasa akan memberikan informasi kesehatan dan manfaat buah kiwi berdasarkan hasil riset secara terus-menerus,” kata Yuyuh Sukmana, Marketing Development Manager – Indonesia, Zespri International—perusahaan yang memasarkan buah kiwi dengan merek Zespri.

Ditambahkan Yuyuh, Zespri International adalah marketer eksklusif untuk dua buah jenis kiwi, yakni Zespri Green Kiwifruit dan Zespri Gold Kiwifruit. Perusahaan yang memiliki kantor di wilayah Eropa, Amerika Utara, Asia—termasuk Asia Tenggara dan Asia Pasifik—ini telah memasarkan buah kiwi ke lebih dari 70 negara di dunia. Selain itu, perusahaan yang dimiliki oleh para petani buah kiwi ini merupakan market leader dalam pasar buah kiwi di dunia.

“Tingginya minat konsumen di Indonesia terhadap Zespri Kiwifruit terbukti dengan peningkatan penjualan di Indonesia, sekitar dua kali lipat di tahun 2009, dibandingkan dengan tahun 2008. Hal ini mendorong Zespri International untuk mengembangkan pasar ke beberapa kota besar lainnya, seperti Surabaya, Medan, dan juga di wilayah Indonesia Timur,” imbuh Yuyuh.

Diungkapkan dia, jika dibandingkan Zespri Kiwifruit di negara lain, dilihat dari jumlah penjualan, Indonesia menempati posisi ketiga dengan kisaran 12 persen di tahun 2009. Jumlah penjualan tertinggi masih diduduki oleh Malaysia (36 persen) dan Singapura (19 persen). Dengan kondisi tersebut, Yuyuh tetap optimis bahwa tiga tahun mendatang, penjualan Zespri Kiwifruit di Indonesia akan mencapai posisi Malaysia dan Singapura tersebut.

Guna mendongkrak jumlah penjualan Zespri Kiwifruit di Indonesia, Yuyuh mengatakan, akan menggempur pasar dengan berbagai strategi. Di antaranya dengan memasang iklan di berbagai media—baik media elektronik maupun media cetak. Untuk aktivitas di lini bawah, Zespri Kiwifruit akan menggelar serangkaian kegiatan guna memperkenalkan rasa yang ditawarkan oleh Zespri Kiwifruit.

Sekadar informasi, buah kiwi diasumsikan oleh masyarakat adalah buah yang memiliki rasa asam. Padahal, tidak semua rasa buah kiwi sama. Diungkapkan Yuyuh, Zespri Kiwifruit telah memiliki standar dalam setiap proses penanaman, sehingga rasa yang dihasilkan pun tetap konsisten. Karenanya, sudah tidak ada masalah dalam hal rasa Zespri Kiwifruit. Kelebihan lainnya, Zespri Kiwifruit banyak mengandung vitamin C, vitamin E, mineral, antioksidan, fitokemikal, dan serat.

“Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Zespri Kiwifruit menggandeng dua distributor, yakni PT Segar Manis Mata dan PT Sewu Segar Nusantara. Selain itu, untuk mendukung sisi branding, Zespri Kiwifruit didukung oleh lima pilar, yakni merek, kesehatan, rasa, varietas baru, dan ketahanan bisnis di masa yang akan datang,” ucap dia. Dilihat dari sisi branding, sudah terlihat jelas bahwa Zespri Kiwifruit merupakan satu-satunya merek buah kiwi di New Zealand. Tentunya, ini menjadi kekuatan bagi Zespri Kiwifruit dibandingkan merek buah kiwi dari negara lain.

Jadi, lanjut Yuyuh, yang ingin diperkenalkan kepada pasar di sini bukanlah kiwi dalam bentuk fisik buah itu sendiri. Keunggulan kandungan zat dalam buah kiwilah yang ingin ditonjolkan—karena setiap jenis buah juga memiliki manfaat tersendiri. Zespri Kiwifruit menawarkan sesuatu yang beda. Buah kiwi bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan, menyegarkan, sekaligus membawa manfaat kesehatan.

“Di sini, Zespri Kiwifruit bisa menjadi contoh bagaimana sebuah inovasi dapat mengubah buah kiwi menjadi produk yang digemari oleh konsumen. Tentunya, ini dilakukan dengan metode pemasaran yang tepat. Konsumen dapat melihat bahwa buah kiwi bisa memberikan nilai dan manfaat yang besar bagi pengonsumsinya,” kata Yuyuh.

Riset tahun 2008 dengan sampel Eropa dan beberapa negara Asia, Yuyuh memaparkan, menghasilkan data mengenai alasan konsumen membeli buah kiwi: didasarkan pada rasa (19 persen), kesehatan (15 persen), tersedia di toko (13 persen), merek (13 persen), ketersediaan dan kemudahan (12 persen), siap untuk dimakan (10 persen), harga (10 persen), dan disukai anak-anak (8 persen).

“Zespri Kiwifruit memfokuskan empat faktor yang menjadi keputusan konsumen membeli kiwi, yakni merek Zespri, kesehatan, rasa yang terdiri dari kualitas produk dan konsistensi, serta varietas baru. Oleh karena itu, Zespri melakukan strategi marketing—misal mengemas buah kiwi secara menarik, bahkan dilengkapi dengan sendok khusus berwarna hijau dan kuning.”

Saat ini, Zespri Kiwifruit dapat diperoleh konsumen di seluruh pasar modern, termasuk pasar swalayan dan toko-toko buah di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Medan. Agar konsumen Indonesia dapat menikmati buah kiwi Zespri secara maksimal, Yuyuh mengungkapkan, konsumen harus dapat memilih dengan baik.

Adapun cara yang digunakan untuk memilih adalah menekan buah kiwi secara lembut. Buah kiwi Zespri yang siap makan adalah yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. “Terdapat dua cara berbeda untuk menekan buah kiwi. Untuk Zespri Green Kiwifruit, tekan bagian atas dan buahnya. Sementara untuk Zespri Gold Kiwifruit, cukup tekan keseluruhan buahnya,” kata Yuyuh memberi tips. (Majalah MARKETING/Fisamawati)

2 COMMENTS

  1. Selamat dan sukses kepada ZESPRI, dengan Trade Gathering Zespri 2011 banyak informasi dan manfaat dari buah Kiwi Fruit yang saya dapatkan. Sebuah pembelajaran yang dapat saya sampaikan kepada Customer akan keunikan buah kiwi, untuk meningkatkan penjualan buah Kiwi di toko tempat saya bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.