Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Masuk 10 Besar Berkat Kampanye “Solusi Irit Bensin”

Pasar oli atau pelumas di Indonesia memang sangat menggiurkan. Hal itu terlihat dari banyaknya pemain yang berkompetisi.

Menurut marketing manager commercial division PT Wiraswasta Gemilang Indonesia Ivan Rastianto, saat ini ada lebih dari 200 produk pelumas yang beredar, baik lokal maupun internasional.

Bicara tentang pasar pelumas Indonesia, kata Ivan, harus merujuk pada pasar kendaraan karena pelumas merupakan produk pendukung kendaraan.

booth-evalube-lubricant-di-pameran-manufakturing-indonesia-2016-diserbu-pengunjung“Pasar kendaraan di Indonesia itu sangat besar. Sepeda motor misalnya, saat ini ada lebih dari 80 juta unit, dan roda 4 ada sekitar 15 juta unit. Itu adalah pasar yang sangat besar,” ujar Ivan ketika ditemui Marketingcoid di acara pameran Manufakturing Indonesia 2016 di kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Evalube sendiri saat ini masuk 2 kategori pasar, ritel otomotif dan komersial industri. Dari 2 kategori pasar tersebut, Evalube lebih memokuskan diri ke pasar ritel otomotif khususnya sepeda motor. Tak mengherankan jika penjualan oli Evalube saat ini 70% berasal dari sepeda motor.

Ivan sadar betul jika persaingan di luar sana sangat ketat. Oleh karena itu, ragam cara terus dilakukan agar minimal dapat mempertahankan market share yang sudah diraih. “Saat ini kami masuk daftar 10 besar atau berhasil meraih market share 10%,” ujar Ivan bangga.

Ivan menjelaskan, di tengah kompetisi yang ketat Evalube terus mengomunikasikan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya lewat berbagai media, baik televisi, radio, cetak, toko/bengkel, dan digital.

Kelebihan Evalube dibanding merek lain di antaranya adalah merek lokal. Pabrik Evalube ada di Indonesia (Cibitung). Karena semua diproduksi di dalam negeri, harga yang ditawarkan  lebih kompetitif. Dari sisi kualitas pun Evalube sudah tersertifikasi ISO 9001 dan SNI.

“Kami memiliki jaminan kualitas dan supply chain. Sudah banyak konsumen dan mitra yang berkunjung ke pabrik juga,” terang Ivan.

Lebih lanjut Ivan mengatakan, ketika konsumen bertemu dengan semua produk oli di pasar, mereka akan melihat semua merek menawarkan hal yang sama. Tapi kalau bicara spesifikasi, kelebihan Evalube adalah dari hasil uji adalah mampu membuat bahan bakar efisien. Kelebihan tersebut terus dikomunikasikan lewat campaign “Evalube Solusi Irit Bensin”.

 “Kami melalukan uji produk dengan melakukan perjalanan hingga 6000km. Dan hasilnya, bahan bakar yang dikeluarkan lebih irit. Kita sudah temukan hasilnya dan kita komunikasikan ke masyarakat,” kata Ivan bangga.

Mengingat pasarnya masih sangat besar, Ivan menargetkan penjualan bisa double digit di 2017. Untuk mencapai targetnya tersebut, Evalube akan konsisten melakukan aktifitas marketing untuk meningkatkan awareness.

Tahun depan Evalube akan konsisten mengomunikasikan kelebihan-kelebihan yang sekarang gencar dikomunikasikan, yaitu solusi irit bensin ke masyarakat lewat TV, radio, cetak dan online, toko/bengkel dan komunitas.

“Intinya kami akan melakukan banyak kegiatan yang menjangkau konsumen langsung tahun depan,” tegas Ivan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top