Joint Venture dengan Asahi, Indofood Lahirkan Produk Baru

Tren gaya hidup sehat memicu banyak industri untuk menelurkan berbagai varian produk yang peduli kesehatan. Salah satunya adalah, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang melakukan kerja sama (joint venture) dengan perusahaan asal Jepang, Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte. Ltd. Perusahaan gabungan bernama PT Indofood Asahi Sukses Beverage itu pun kemudian melahirkan produk baru berupa minuman teh hijau.

Seluruh pembicara pada Press Conference Peluncuran Produk Ichi Ocha pada saat Unveiling Moment. (Kiri ke kanan) Emilia E. Achmadi, MS. RD., Clinical Dietitian dan pakar di bidang Disease Prevention and Sport Nutrition; Anastasia Sutadji, Director PT Indofood Asahi Sukses Beverages; Yoshimi Miyano, Director, PT Indofood Asahi Sukses Beverages; Yungky Setiawan, Board of Director PT Indofood CBP Sukses Makmur; Hiroshi Kawasita, President Director PT Indofood Asahi Beverage Sukses Makmur; dan Yuki Kato, artis dan penikmat teh hijau sebagai brand ambasador.
Seluruh pembicara pada Press Conference Peluncuran Produk Ichi Ocha pada saat Unveiling Moment. (Kiri ke kanan) Emilia E. Achmadi, MS. RD., Clinical Dietitian dan pakar di bidang Disease Prevention and Sport Nutrition; Anastasia Sutadji, Director PT Indofood Asahi Sukses Beverages; Yoshimi Miyano, Director, PT Indofood Asahi Sukses Beverages; Yungky Setiawan, Board of Director PT Indofood CBP Sukses Makmur; Hiroshi Kawasita, President Director PT Indofood Asahi Beverage Sukses Makmur; dan Yuki Kato, artis dan penikmat teh hijau sebagai brand ambasador.

Dinamakan Ichi Ocha, produk yang baru saja di-launching tanggal 5 Februari di fX, Senayan, Jakarta itu sengaja menyasar pangsa masyarakat yang peduli akan kesehatan.

Menonjolkan sisi yang belum diangkat kompetitor

Jika diperhatikan, produk minuman Ready to Drink (RTD) memang telah ramai di pasar minuman dingin. Namun menurut Indofood, minuman besutannya memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan minuman dingin lainnya, khususnya di kalangan minuman kemasan teh hijau.

“Ichi Ocha adalah minuman teh hijau, seperti yang kita ketahui, teh hijau baik untuk kesehatan. Selain itu, minuman ini juga disajikan dengan satu kali proses penyulingan,” papar Anastasia Sutaji, Director PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

Nah, satu kali proses penyulingan inilah yang mereka tonjolkan. Indofood dan Asahi sadar, bahwa mereka bukanlah pemain baru di produk RTD, karena banyak pula produk-produk keluaran kompetitor. Jadi harus ada perbedaan pada produk mereka.

Karena belum banyak yang mengetahui efek dari satu kali proses penyulingan, PT Indofood Asahi Sukses Beverage kemudian melakukan edukasi, bahwa teh tidak boleh diseduh hingga dua kali bahkan lebih.

“Teh hijau memang sangat baik untuk kesehatan, tapi jika diseduh berulang-ulang, berbagai kandungan baiknya akan ikut hilang. Jadi saya sangat impressed begitu ada minuman teh yang melakukan satu kali proses penyaringan,” ucap Emilia E. Achmadi, pakar kesehatan dan nutrisi yang sengaja diajak untuk mengedukasi pada acara konferensi pers Ichi Ocha.

Strategi pemasaran dan target market

Selain memberikan kelebihan di bidang kesehatan, Indofood dan Asahi juga melakukan berbagai strategi pemasaran guna memperkenalkan produknya.

“Kita melakukan berbagai promo di supermarket, seperti buy 2 get 3. Kita juga akan melakukan kampanye di berbagai media komunikasi, baik below the line maupun above the line, seperti televisi atau media digital,” jelas Bambang, GM Marketing PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

“Sementara untuk target marketing, Ichi Ocha menyasar pria dan wanita usia antara 15 – 39 tahun yang memang pecinta teh hijau,” tambahnya.

Sementara ketika ditanya mengenai harapan terhadap Ichi Ocha, Bambang menegaskan bahwa harapannya adalah agar produk yang mengusung message “Cobain Kesegaran Jepang” ini bisa diterima pasar dan menjadi leading player di baverage market.

Kita memang tidak selalu bisa menjadi yang pertama dalam menelurkan produk, tapi kita wajib memikirkan, “Apa perbedaan produk kita dibandingkan dengan produk yang telah ada?”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here