Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Langkah Praktis Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan setia tak ternilai harganya dan merupakan tulang punggung perusahaan. Mereka membuat bisnis hidup, membawa pelanggan baru, dan tentunya meningkatkan keuntungan.

Dengan demikian setiap perusahaan perlu melakukan segala kemungkinan untuk memelihara pelanggan setianya. Untuk membantu Anda, berikut langkah praktis membangun loyalitas pelanggan dikutip thebalancecom:

Langkah Praktis Membangun Loyalitas PelangganMelebihi Ekspektasi

Cara membangun loyalitas pelanggan yang paling sederhana adalah memuaskan mereka. Setidaknya itu dulu! Hari ini, pelanggan tak hanya ingin harapannya terpenuhi atau puas, mereka juga ingin lebih dari itu.

Pelanggan datang ke toko dengan tujuan dan kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa dari mereka bahkan mungkin tidak bisa dipuaskan. Lalu, bagaimana cara Anda memuaskan mereka? Anda bisa menerapkan aturan layanan pelanggan yang paling dasar: memperlakukan pelanggan seperti Anda ingin diperlakukan saat berbelanja.

Kita cenderung melihat dunia melalui sudut pandang kita sendiri. Apa yang tampaknya terlihat baik untuk kita adalah baik juga untuk orang lain. Padahal tidak demikian. Untuk membuat pelanggan senang, Anda bisa menerapkan beberapa praktik layanan pelanggan berikut dan menerapkannya di toko Anda. Sebelumnya, pastikan semua karyawan bekerja dengan tujuan yang sama, yakni memuaskan pelanggan, seperti:

  • Menyapa siapapun saat mereka memasuki toko.
  • Mengatakan, “Terima kasih telah berkunjung/datang!”
  • Menawarkan bantuan.
  • Menyediakan layanan di luar harapan pelanggan.

Mengakui Pelanggan

Apakah Anda ingat acara televisi Cheers? Setiap kali karakter Gerge Wendt memasuki bar, semua orang akan berteriak “Norm!”. Yang benar adalah pelanggan senang diakui.

Mereka tidak hanya ingin Anda menyambut ketika mereka memasuki toko, tetapi mereka akan merasa istimewa jika Anda tahu nama mereka.

Mungkin sulit untuk mengingat nama setiap orang yang belanja ke toko, tapi ada beberapa contoh di mana kita memiliki kesempatan untuk mengenal nama atau wajah, seperti:

  • Mengenalkan diri Anda kepada pelanggan.
  • Meminta nama mereka.

Setelah mengetahui nama pelanggan, Anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. membuat dialog, dan akhirnya membangun hubungan dengan pelanggan dapat memperkuat loyalitas.

Penghargaan/Reward

Ada banyak cara untuk menggabungkan program reward, misalkan hadiah gratis, diskon barang-barang tertentu. Sebelum menghabiskan banyak uang dalam pemasaran, pertimbangkan terlebih dahulu barang jenis apa yang paling Anda sukai sebagai pembelanja.

Follow Up

Seperti teman baik, pelanggan setia ingin tahu bahwa Anda peduli tentang kebutuhan dan kepentingan mereka. Berikut beberapa cara untuk tetap berhubungan:

  • Kirim kartu ucapan atau surat pribadi.
  • Mengundang mereka ke acara khusus di toko sebagai pembelanja VIP.
  • Menanyakan keluarga atau acara dalam hidup mereka.

Kita tentu akan sangat menghargai ketika mengetahui ada seseorang yang memikirkan tentang kita, kan? Sebagai imbalannya, pelanggan yang setia akan menjaga uangnya untuk dihabiskan di toko Anda. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top