LinkedIn Akuisisi Aplikasi Baru

linkedin

Tahun 2013 merupakan tahun yang sibuk bagi LinkedIn. Perusahaan telah melakukan dua akuisisi baru, update utamanya adalah aplikasi mobile dan peluncuran merek baru aplikasi mandiri yang disebut Contact.

Menurut Joff Redfern, kepala produk mobile di LinkedIn, perluasan perusahaan jauh melampaui identitasnya sebagai jaringan online dan sumber berburu pekerjaan untuk menjadi one-stop-shop bagi para profesional yang membutuhkan berita, pakar wawasan, perangkat produktivitas dan banyak lagi.

Sejak peluncuran aplikasi baru pada bulan April, LinkedIn melihat kenaikan yang signifikan dalam hal keterlibatan pengguna. Keterlibatan pengguna meningkat lebih dari 40%.

Mobile merupakan bagian penting dari pertumbuhan perusahaan. Sekitar 30% pengguna unik LinkedIn kini mengakses platform melalui aplikasi mobile. Ditambah, hampir 30% mereka yang mencari pekerjaan hadir dari perangkat mobile pada kuartal keempat 2012.

“LinkedIn membantu mereka mendapatkan lebih banyak informasi dan membuat keputusan yang lebih cerdas tentang pekerjaan dan karir mereka,” kata Redfern.

Untuk itu, LinkedIn bulan lalu merilis versi baru untuk iOS dan Android sejak hampir dua tahun.  Di antara fitur baru lainnya, aplikasi menawarkan update fitur streaming konten dari jaringan Anda, artikel berita dan posting dari kontributor LinkedIn berpengaruh untuk memastikan hal-hal yang relevan bagi pengguna.

“Selain itu, LinkedIn telah mengembangkan atau mendapatkan aplikasi mobile mandiri lainnya. LinkedIn berencana menumbuhkan sejumlah aplikasi kecil untuk demografi tertentu ketimbang membuat aplikasi berukuran besar yang mencoba melakukan semuanya,” terang Redfern.

April lalu, LinkedIn memperoleh Pulse, aplikasi membaca berita. Tim Pulse sudah bekerja di Mountain View, California markas LinkedIn. Update aplikasi Pulse membuat pengguna dengan mudah berbagi konten dari Pulse ke LinkedIn.

“Pulse akan tetap menjadi aplikasi stand-alone. Juga di bulan April, LinkedIn meluncurkan aplikasi sendiri, Contact. Redfern mengatakan ide itu untuk membuat sebuah aplikasi yang terasa seperti asisten pribadi. Aplikasi ini membawa secara bersama-sama semua kalender Anda – akun email dan buku alamat, membuat pembaruan dan mengingatkan Anda tentang tanggal penting seperti ulang tahun seorang rekan kerja,” jelas Redfern.

Contact dirancang untuk pengguna tertentu. Redfern menggambarkannya sebagai profesional yang sedang bepergian dan selalu bertemu dengan orang–orang baru sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Dengan demikian, itu menggambarkan kesediaan LinkedIn untuk melayani segmen basis pengguna tertentu.

Akuisisi lain yang dilakukan LinkedIn baru-baru ini adalah start-up poling sosial yang didirikan musim panas lalu. Kecuali pendiri, tim dari start-up tersebut – empat insinyur dan satu desainer – kini bekerja di divisi mobile LinkedIn.

Memang, peluncuran Contact merupakan pertama kalinya produk LinkedIn diluncurkan bagi mobile. Peluncuran itu pada saat yang bersamaan dengan versi desktop, dan itu menunjukkan prospek baru bagi perusahaan. “Setiap orang di perusahaan sekarang berpikir tentang peluang mobile,” tutup Redfern.

Sumber: Entrepreneur.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here