Manifesto Pemasaran Modern Bagian 1

Marketing.co.id – Memasuki era modernisasi, terjadi evolusi perilaku konsumen saat berbelanja. Konsumen semakin liberal dan menyukai kebebasan dalam berbelanja berbagai barang kebutuhan dalam satu wadah. Berikut 12 manifesto pemasaran modern:

1.   Strategi

Marketer harus ikut andil dalam menetapkan strategi. Jika Anda percaya pemahaman tentang pasar, produk, pelanggan, dan positioning tidak memainkan peran penting dalam membentuk strategi, maka Anda bukan seorang marketer modern. Marketer hebat memiliki visi untuk menentukan cakrawala.

2.   Merek

Internet telah memaksa transparansi pada merek dan bisnis. Merek tidak lagi mengontrol media dan konsumen. Ini artinya hilangnya kontrol mengharuskan bisnis berkomunikasi secara otentik. Dalam era digital, yang paling penting dibutuhkan marketer modern adalah merek yang kuat.

3.   Experience

Meningkatkan pengalaman pelanggan harus menjadi fokus marketer modern. Pengalaman pelanggan adalah tentang perhatian pada pelanggan yang dibuktikan dengan layanan atau produk yang dihasilkan di semua saluran.

Ini adalah tentang menghormati kekuatan dan pentingnya desain yang besar. Pengalaman adalah tentang peristiwa, produk, jasa, perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan pelanggan.

Karena sumber daya dan waktu yang terbatas, kita perlu segmentasi untuk memastikan kita memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan yang paling berharga.

4.   Data

Data memungkinkan kita untuk memprediksi perilaku masa depan yang merupakan hal mendasar untuk menciptakan model pelanggan dan mengoptimalkan efektivitas pemasaran.

Saluran digital menyediakan sumber baru, data berharga, dan wawasan pelanggan yang dapat ditindaklanjuti secara real time.

Jika Anda tidak melihat data sebagai sesuatu yang menarik, berharga dan memberdayakan itu, maka Anda bukan seorang marketer modern.

5.   Digital

Digital harus tertanam kuat dalam strategi pemasaran. Digital mungkin tidak relevan dengan segala upaya pemasaran, tapi bisnis perlu mempertimbangkannya, mengubah budaya, dan proses untuk lebih berorientasi pada digital. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda tidak bisa menjadi marketer modern.

6.   Personalisasi

Guna memberikan pengalaman merek yang beredar di semua saluran, personalisasi menawarkan kesempatan besar untuk mengubah apa yang pelanggan saat ini dapatkan.

Saluran digital khususnya, memungkinkan kita untuk menggunakan segala sesuatu yang kita ketahui tentang pelanggan untuk menginformasikan dan mengotimalkan setiap interaksi. Lokasi perangkat, ukuran layar, karakteristik penggunaan, dan lainnya.

Sebagai seorang marketer modern, kita menghormati privasi pelanggan, dan memberikan nilai kepada mereka dalam pertukaran data pribadi.

Sumber: INC.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.