Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2016

“Pelayanan Otentik” menjadi tema HARPELNAS tahun ini.

Tanggal 4 September sudah tidak asing lagi bagi banyak perusahaan Indonesia, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Ya, tanggal itu adalah Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS). Hari dimana kita sebagai pelaku bisnis secara spesial memberi perhatian khusus kepada pelanggan kita; hari saat kita juga diingatkan bahwa kita harus memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan. Hal ini karena pelanggan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Adanya pelanggan, perusahaan bisa tumbuh. Adanya pelanggan yang loyal akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat.

Setiap tahun HARPELNAS selalu dirayakan oleh banyak perusahaan melalui berbagai bentuk kegiatan pelayanan yang spesial bagi pelanggan mereka. Tidak hanya mereka yang bergerak di bidang jasa, seperti perbankan, asuransi, telekomunikasi ataupun jasa lainnya, perusahaan makanan dan minuman, otomotif, elektronik, ritel, garmen, atau e-commerce pun turut merayakan HARPELNAS. Pada hari itu, semua jajaran direksi perusahaan turun untuk melayani pelanggan mereka. Bahkan banyak direksi yang bertandang ke rumah pelanggan atau menjenguk pelanggan yang sedang sakit. Mereka pun turut menyemarakkan Parade HARPELNAS yang diadakan oleh Frontier dan majalah MARKETING. Kini, gaung HARPELNAS tidak saja menggema di Jakarta dan sekitarnya, tapi telah meluas ke berbagai kota.

hari pelanggan nasional

Parade Simpatik selalu diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Harpelnas.

Handi Irawan D, sebagai penggagas HARPELNAS, merasa bersyukur melihat spirit pelayanan yang ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Menurutnya, HARPELNAS telah memberi makna dan juga menjadi bagian dari proses pembentukan budaya pelayanan. Banyak perusahaan yang memelihara tradisi dimana manajemen puncaknya memberikan keteladanan dalam melayani. Ini tentu saja akan memberi motivasi bagi bawahannya untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.

hari pelanggan nasional

Kemeriahan Parade Hari Pelanggan pada 2015 yang lalu. Tahun 2016 akan kembali diadakan pad 4 Sepember nanti, di area CFD.  (Foto: www.haripelanggan.com)

Sebagai lembaga yang turut menginisiasi HARPELNAS, Frontier dan majalah MARKETING tentunya telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut HARI PELANGGAN NASIONAL 2016. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya adalah penerbitan buletin Hari Pelanggan Nasional, Seminar Edutainment, Parade HARPELNAS, dan liputan perayaan HARPELNAS 2016 yang diadakan oleh berbagai perusahaan Indonesia. Tahun 2015 lalu, lebih dari 70 perusahaan mengikuti Parade HARPELNAS dengan melibatkan sekitar 10.000 petugas frontliner. Diperkirakan Parade HARPELNAS 2016 akan lebih marak, mengingat saat ini sudah banyak perusahaan yang mendaftar untuk berpartisipasi.

Adapun tema HARPELNAS tahun ini adalah “Pelayanan Otentik”. Pelayanan Otentik merupakan layanan yang dibentuk oleh “keaslian” dan “kejujuran” yang dimiliki perusahaan. Pelayanan yang lebih mengutamakan kepribadian asli dibandingkan robot atau mesin. Pelayanan dimana pelanggan dilayani dengan bahasa dan environment yang dimiliki oleh perusahaan. Pelayanan semacam inilah yang ternyata semakin sulit diperoleh pelanggan ketika dunia pelayanan sudah digantikan oleh mesin.

Oleh karenanya, mari kita merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan pelayanan yang otentik. Teknologi dan mesin adalah sesuatu yang tak terhindarkan dewasa ini. Namun keaslian dan kejujuran juga tidak boleh dihilangkan dalam budaya perusahaan, karena inilah yang menjadi jiwa perusahaan dalam melayani.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top