Tips Membuat Pelanggan Membeli Produk Kita

Cara Praktis dan Ampuh Meyakinkan PelangganPebisnis dituntut untuk selalu menjaga kinerja pertumbuhan bisnisnya. Salah satu parameter keberhasilan yang mudah diukur dari kinerja bisnis adalah peningkatan penjualan.

Meskipun masih sekelas UKM pemula atau masih merintis bisnis, pebisnis tetap dituntut menggunakan strategi penjualan yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat pelanggan yakin untuk membeli produk kita.

Berikut ini beberapa cara praktis yang bisa dilakukan pebisnis untuk meningkatkan penjualan melalui strategi meyakinkan pelanggan.

Kualitas

Hal yang paling mendasar untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk kita adalah membangun kualitas produk dan layanan kita. Pastikan produk yang kita jual memiliki kualitas baik. Kualitas bisa dalam kemasan, fisik produk, isi produk, rasa produk (jika makanan), layanan, dan lain-lain.

Konsisten promosi

Membangun keyakinan pelanggan bisa dimulai ketika mempromosikan produk ke pelangan. Bagaimana pelanggan mau yakin dengan produk kita jika mendengar produk kita saja belum pernah. Oleh sebab itu penting bagi pebisnis untuk melakukan promosi secara konsisten, terencana dan berkelanjutan.

Salah satu hal penting saat promosi adalah komunikasikan mengenai apa yang menjadi kelebihan produk kita dibanding produk yang sudah ada di pasaran. Hal ini merupakan cara ampuh meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kita.

Info produk

Strategi ini merupakan cara yang sederhana namun sering dilupakan. Pelanggan perlu mengetahui info produk secara jelas agar teryakinkan dengan produknya. Info produk bisa berupa catalog produk, info di website serta penjelasan detail produk di berbagai media yang digunakan.

Hal penting juga saat kita menggunakan channel online untuk online shop. Salah satu senjata ampuh dari online shop adalah informasi produk dan foto yang jelas untuk meyakinkan pelanggan.

Testimoni pelanggan

Testimoni merupakan opini atau kesan-kesan dari pelanggan yang pernah menggunakan produk kita. Buatlah testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan produk kemudian testimoninya bisa ditempatkan di brosur, katalog, media promosi dan website kita. Penggunaan media sosial juga bisa mendukung penyebarluasan testimoni oleh pelanggan.

Pencapaian

Pelanggan atau calon klien akan semakin yakin jika kita pernah memperoleh pencapaian tertentu. Pencapaian ini merupakan prestasi dari usaha yang kita lakukan. Kita bisa melampirkan list siapa-siapa saja yang pernah jadi pelanggan/klien kita, atau pencapaian yang pernah kita peroleh untuk meyakinkan pelanggan.

Expert opinion

Pelangan cenderung percaya oleh pendapat para ahli, cara ini bisa digunakan untuk membantu meyakinkan pelanggan. Misal pendapat para ahli kesehatan, pendapat ahli otomotif. Sesuaikan dengan industri produk yang kita jual.

Customer experience

Tidak sedikit pelanggan yang meminta sampel produk untuk coba-coba atau tes produk. Ketika kita menawarkan produk ke pelanggan, sampel produk akan sangat membantu meyakinkan pelangan, contoh produk bisa melalui katalog, dummy produk atau produk asli sebagai contoh.

Kita juga bisa melakukan demo produk atau membuat strategi trial produk, sehingga pelanggan bisa merasakan produk kita. Ketika pelangan dapat merasakan secara langsung produk kita, customer experience akan terbangun. Ketika ada pengalaman yang positif diharapkan pelanggan semakin dengan produk yang kita tawarkan.

Brand building

Pada akhirnya hal penting untuk membangun keyakinan pelanggan dalam jangka panjang adalah membangun merek kita. Merek tidak hanya sebuah simbol, merek akan mewakili kepercayaan pelanggan yang telah lama dibangun.

Ketika merek sudah dibangun, dikenalkan pelanggan dan akhirnya dipercaya karena kualitas dan layanan yang baik, pelangan akan yakin dengan merek yang melekat di produk kita.

Artikel ini diambil dari Majalah Youth Marketers edisi 06/07 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.