Pengguna Internet Mobile Indonesia Termuda di Asia Tenggara

pengguna internet di indonesia

Pengguna internet mobile di Asia Tenggara terdiri dari pengguna usia muda, terpelajar dan mencari konten yang bisa diunduh; Indonesia memiliki pengguna internet mobile yang paling muda di Asia Tenggara.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama untuk semua merek. Oleh karena itu, pemegang merek harus mampu memanfaatkan wawasan tentang konsumen mereka supaya bisa membuka kesempatan untuk meningkatkan engagement serta recall.

Guna membantu para perencana media/media planner dan pengiklan melalui berbagai wawasan mengenai pasar internet mobile, untuk meningkatkan jangkauan mereka dan membidik pasar yang tepat dalam negara yang berkembang ini.

Asosiasi Mobile Marketing (AMM) dan Vserv.mobi mengungkapkan Laporan Konsumen Mobile Internet pertama untuk Asia tenggara.

Laporan ini memberi wawasan regional dan spesifik mengenai pola penggunaan internet mobile di enam negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Menurut laporan tersebut, Indonesia memiliki pengguna internet mobile termuda di Asia Tenggara. Sekitar 30% dari pengguna internet mobile Indonesia memiliki gelar sarjana atau pascasarjana.

Tipe konten yang diminati oleh konsumen Indonesia serupa dengan pengguna internet di negara lainnya di Asia Tenggara. Selain itu, pengguna di Indonesia gemar mengunduh game dan aplikasi (70%).

Jumlah pengguna internet mobile Indonesia yang menyukai diskon pembelanjaan (36%), mencari informasi sebuah merek (33%) atau mencari lokasi suatu tempat (22%), agak lebih rendah bila dibandingkan dengan rata-rata pengguna di negara lainnya di Asia Tenggara.

Rohit Dadwal, Managing Director, MMA Asia Pasifik mengatakan, “Brand tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai pasar yang terus berkembang di negara-negara yang mereka tuju untuk bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dan terarah.”

“Hal ini akan meningkatkan relevansi dari pesan yang disampaikan, dan juga menentukan apakah konsumen akan bersedia melakukan engagement dengan brand tersebut, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” lanjut Rohit.

Laporan Konsumen Mobile internet yang disusun oleh MMA dan Vserv.mobi ini didasarkan atas survei yang dilakukan terhadap lebih dari 3,000 pengguna situs web dan aplikasi mobile.

Survei yang berlangsung selama dua minggu ini dilakukan dalam bulan Juli 2013. Salinan dari laporan lengkapnya, dan data-data pendukung untuk masing-masing negara bisa diunduh dari http://vserv.mobi/insights. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here