Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Rayakan HUT ke-121,Bank BRI Gelar UMKM Digitalvolution

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-121, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan  kegiatan bertajuk UMKM Digitalvolution yang diselenggarakan pada 17-18 Desember 2016 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Kegiatan tersebut meliputi seminar, pameran, dan coaching clinic UMKM.

Event ini merupakan pengembangan lebih lanjut lanjut dari Rumah Kreatif BUMN yang digagas oleh Kementerian BUMN. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk konsistensi dan wujud komitmen BANK BRI dalam mendukung pengembangan potensi ekonomi di segmen bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh pelosok negeri.

BRI UMKM DigitalvolutionKegiatan seminar setengah hari bertema Menyiapkan UMKM yang Berdaya Saing Tinggi di Era Digital diselenggarakan pada 17 Desember 2016, dengan keynote speaker Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, setelah sebelumnya Direktur Utama BANK BRI Asmawi Syam menyampaikan laporannya. Bertindak sebagai nrasumber adalah Direktur Mikro BANK BRI Mohammad Irfan bersama beberapa praktisi profesional seperti Aulia E. Marinto (CEO Blanja.com dan Ketua idEA-Indonesia e-commerce Association), Eni V Panggabean (Direktur Eksekutif DKSP Bank Indonesia), serta  Imam B. Prasodjo (Sosiolog  Universitas Indonesia).

Acara seminar dengan format tersebut juga dilengkapi  juga dengan kegiatan  pameran pengusaha UMKM kreatif yang menghadirkan 121 nasabah UMKM BRI terpilih dari seluruh Indonesia. Nasabah tersebut terbagi atas beberapa kategori antara lain cluster industri kreatif, cluster kain tradisional, cluster kopi, serta cluster makanan dan minuman olahan.

Selama event UMKM Digitalvolution ini berlangsung, tercatat total penjualan produk UMKM Kreatif lebih dari Rp 5 miliar dengan rata-rata penjualan per booth sekitar Rp 40 juta. Penjualan tertinggi pada booth Batik Haryanto yang mencapai lebih dari Rp 100 juta. Transaksi pada umumnya dilakukan secara nontunai menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, serta BRIZZI melalui EDC BRI.

Selain dari penjualan,di event ini juga memberikan edukasi dalam bentuk  coaching clinic UMKM yang terdiri dari pelatihan dan konsultasi.  yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk meningkatkan pemahaman terkait beberapa aspek, yang secara langsung dapat meningkatkan kapasitas usaha pengusaha/pelaku UMKM. Beberapa pelatihan yang diberikan antara lain pembiayaan UMKM; pelatihan packaging; literasi terkait merek, hak cipta, dan paten; serta pemasaran UMKM melalui e-commerce.

Salah satu peserta pameran pengusaha UMKM kreatif berkesempatan memberikan sebuah testimoni. “Kami sangat antusias menjadi peserta pameran pengusaha UMKM kreatif yang diselenggarakan oleh BRI, dan berharap event ini dilaksanakan setiap tahun. Manfaat yang kami peroleh adalah menambah jaringan pemasaran, mendapatkan investor baru, dan tentunya tingkat penjualan yang tinggi,” ucap Widawiningsih  pemilik usaha makanan olahan Pala-Q dari Bogor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top