ROLI: Aplikasi Yang Menjunjung Fairness

Saat ini memang eranya aplikasi mobile. Setiap perusahaan berusaha membuat aplikasi mobile untuk menarik pelangan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Hal inilah yang coba dilakukan Telkomsel dengan meluncurkan aplikasi ROLI.  Aplikasi berbasis Android ini diperkuat dengan fitur menarik untuk memperoleh informasi promosi dan beragam konten menarik lainnya.

Aplikasi ROLi
VP Digital Advertising and Analytics Telkomsel Harris Wijaya (kiri) dan GM Digital Advertising Product Reski Sepi Andik (kanan) saat Press Conference Aplikasi ROLi di Jakarta, Selasa (19/9).

Aplikasi ROLi mengimplementasikan konsep opt-in, yakni mekanisme persetujuan kepada pelanggan untuk meminta izin perihal kesediaannya menerima info, iklan, atau penawaran. Aplikasi ini menyediakan fitur Lock Screen, di mana pada saat smartphone dalam posisi idle atau diam, pelanggan dapat menerima info produk dan layanan yang sesuai dengan kategori minat dan ketertarikannya, yakni kuliner, bisnis, gadget, seni, fashion, olahraga, sepakbola, kesehatan, hiburan, musik, film, otomotif, dan travelling.

Vice President Digital Advertising Telkomsel Harris Wijaya mengatakan, ada beberapa faktor yang melandasi diluncurkannya aplikasi ini. Faktor pertama, Telkomsel ingin mempertahankan nilai tambah (value added) kepada pelangganya yang mencapai 178 juta. Kedua, terjadinya perubahan perilaku pelanggan Telkomsel. “Rata-rata pelanggan menghabiskan 4 – 5 jam pelanggan sehari di depan layar ponsel,” tutur Harris saat jumpa pers peluncuran ROLi, di Jakarta, Rabu (19/9). Faktor ketiga, tingginya penggunaan data di kalangan pelanggan Telkomsel. “Semua membuat iklan bergeser ke layar digital,” imbuh Harris.

Terkait beralihnya iklan ke layar digital, aplikasi ini diharapkan menjadi jembatan antara pengiklan (advertiser) dengan konsumen. Pengiklan diuntungkan dengan platform ini, karena bisa menembak target pasar dengan lebih tepat sasaran.  Ketika pengguna mengunduh aplikasi ini akan memilih beberapa bidang yang menjadi minatnya seperti musik, kesehatan, film, travelling, dan lain-lain.

“Dengan menggunakan ROLi, pelanggan Telkomsel bisa memperoleh promosi yang sesuai dengan minatnya dan mendapatkan tambahan paket data, SMS, telepon, serta berbagai benefit lainnya. Sedangkan bagi brands, ROLi dapat menjadi tools dalam menjangkau pasar dan konsumen baru dengan lebih efektif dan efisien, ” papar Harris.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan ROLi adalah kustomisasi. Dengan fitur ini, pelanggan diberi kebebasan untuk mengatur konten promosi dan informasi apa saja yang bisa tampil, baik itu pada fitur lock screen maupun pada fitur menu lain yang tersedia di dalam aplikasi ROLi. Di samping itu, pelanggan juga diberikan pilihan untuk bisa menampilkan daily quotes, foto-foto dengan kualitas highdefinition, dan foto-foto milik pelanggan pada fitur lock screen perangkat miliknya.

Keunggulan lainnya fitur Koin, di mana pelanggan dapat mengumpulkan koin dan menukarkannya dengan beragam hadiah menarik yang tersedia di dalam aplikasi ROLi. Koin dapat dikumpulkan pelanggan dengan melakukan beragam aktivitas di dalam aplikasi ROLi melalui fitur-fitur menarik di dalamnya. Pada fase awal ini hadiah yang ditawarkan adalah berupa paket data, SMS, dan telepon. Ke depannya, beragam hadiah yang lebih menarik akan tersedia.

Selain melalui Lock Screen, pelanggan juga bisa memperoleh informasi maupun promosi-promosi lain dari rekanan ROLi lewat fitur Lihat Iklan (Watch Ads). Sementara itu, di samping fitur Kustomisasi dan Koin, masih banyak fitur menarik lainnya yang menjadikan ROLi berbeda dengan aplikasi sejenis di pasaran, seperti fitur Survei, Artikel, ROLi News, Undang Teman, dan lainnya.

Untuk menikmati benefit di ROLi, pelanggan hanya perlu mendaftarkan nomor Telkomsel aktif yang digunakannya dan mengisi data-data pribadi yang diperlukan, seperti nama, alamat e-mail, dan tanggal lahir. Pelanggan yang mengunduh ROLi di Play Store dan mengaktifkan fitur Lock Screen secara terus menerus dapat menikmati paket data tambahan dengan kuota sebesar 300 MB setiap bulannya.

Harris menegaskan, paket data gratis sebesar 300 MB bukan hanya dapat digunakan untuk mengakses ROLI tapi dapat digunakan untuk browshing internet lainnya. Selain itu, pengguna yang mengakses aplikasi ini, misalnya mengklik iklan dan membaca berita tidak akan dibebani paket data. “Ini asas fairness yang kami tawarkan. Kami harapkan aplikasi ini menjadi lifestyle baru bagi pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan,” jelas dia.

Sementara itu, GM Digital Advertising Product Telkomsel Reski Sepi Andik mengatakan, Telkomsel menargetkan pengguna aktif ROLI hingga 2 juta. Ketika berita ini diturunkan jumlah pengunduh ROLI sudah menyentuh angka 100 ribu.

 

Tony Burhanudin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.