Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Transformasi Digital Sudah Benar-benar Terjadi!

Riset Pure Storage berjudul Evolution memperlihatkan bahwa transformasi digital bukan lagi hanya topik yang ramai dibicarakan, tapi sudah benar-benar terjadi. Terlihat bahwa hampir 70% dari 200 perusahaan di Indonesia mendapatkan sebagian besar pendapatannya dari teknologi digital.

Dari sumber yang sama, 79% perusahaan di Indonesia memperhitungkan layanan digital untuk mendorong inovasi yang lebih cepat di perusahaan mereka, sementara 71% perusahaan yakin itu akan membantu mereka untuk bisa bersaing.

Tantangan yang besar tentu dialami perusahaan besar yang sudah berdiri sejak sekian lama – bagaimana mereka melakukan dan mensosialisasikan perubahan tersebut di perusahaan yang berskala besar, agar transformasi digital ini benar-benar berjalan dan menyeluruh.

Kalla Group, konglomerat terbesar di Indonesia bagian timur telah mengumumkan bahwa mereka telah go-live menggunakan Oracle Cloud Applications,  “Kami sedang giat memperluas bisnis, mencakup beragam industri, termasuk transportasi, logistik, konstruksi, properti, perdagangan, dan energi. Dengan pembangunan di Indonesia timur yang sangat cepat, digabung dengan digitalisasi di brebagai industri utama, kami perlu menginovasi dan memodernisasi bisnis kami agar tetap mampu bersaing,” kata Solihin Jusuf Kalla, Direktur, Kalla Group.

Sebelumnya, Kalla Group menggunakan berbagai sistem, baik dikembangkan secara in-house ataupun disediakan oleh banyak vendor, dengan tujuan mengotomatisasi proses bisnisnya. Selain itu, dengan enam unit bisnis di sektor transportasi, konstruksi, properti, logistik, perdagangan dan energi, Kalla Group tidak memiliki cukup visibilitas ke kinerja setiap anak perusahaannya, sehingga mereka sulit mengambil keputusan yang strategis dan tepat waktu.

Kalla Group menggunakan Oracle ERP Cloud untuk menyederhanakan dan merampingkan operasional keuangan mereka, dengan visibilitas dan wawasan yang lebih baik ke seluruh unit bisnisnya. Dengan mengurangi kerumitan IT, Oracle ERP Cloud akan membantu Kalla Group meningkatkan produktivitasnya dengan lebih fokus kepada kegiatan yang bernilai tinggi, seperti menganalisa hasil dan merumuskan strategi bisnis yang mampu menumbuhkan bisnisnya.

Kalla Group juga membutuhkan satu solusi HR yang mampu merampingkan proses dan mendukung kepatutan lokal di seluruh unit bisnis. Hal ini tidak bisa dialami dengan solusi yang sudah ada. Dengan Oracle HCM Cloud, Kalla Group memiliki akses ke satu platform yang menyatu yang akan merampingkan operasional, sehingga tim HR tidak perlu menghabiskan banyak waktu pada proses manual dan lebih fokus pada cara meningkatkan produktivitas bisnis.

Analitik data yang komprehensif akan memungkinkan tim HR untuk mendapatkan dan mempertahankan talent terbaik di satu platform tunggal, yakni melalui tampilan antarmuka yang mudah yang tersedia di perangkat apa pun, sehingga mampu mendorong interaksi pegawai dan menemukan talent baru.

“Kami bangga sekali menjadi bagian dari perjalanan digital Kalla Group. Kami percaya transformasi digital akan membawa perusahaan ke masa depan, dan memberikan kemampuan pada mereka untuk lebih bersaing,” kata Amit Suxena, Vice President, ASEAN Applications, Oracle.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top