3 Trik Hemat Ketika Belanja Online

0
1126

shutterstock_127488653Belanja online kini semakin menjamur. Banyak sekali perusahaan online yang menawarkan produknya melalui dunia maya. Dan tanpa disadari, fenomena belanja di dunia maya ini menjadi popular.

Pasalnya, konsumen tidak perlu keluar rumah, menghadapi macetnya jalanan dan berebut produk diskon dengan konsumen lainnya. Belanja online memudahkan konsumen untuk belanja.

Hanya dengan melihat situs belanja online dengan aplikasi yang beragam. Lalu pilih produk yang diinginkan, tinggal klik dan Anda langsung diarahkan pada proses pembayaran yang juga terkesan mudah serta cepat. Anda bisa memilih pembayaran melalui kartu kredit, internet banking atau bayar langsung di tempat (Cash On Delivery).

Perlu diwaspadai, kemudahan belanja online inilah yang kerap membuat kantong menipis. Sering kali berbelanja online mendorong seseorang untuk cenderung lebih boros. Selain banyaknya pilihan, harga barang di situs belanja biasanya lebih mahal daripada harga toko.

Hal ini karena ada ongkos kirim yang harus diperhitungkan, dan untuk barang-barang tertentu Anda akan dikenai pajak. Mari kita perhatikan bagaimana cara berhemat saat berbelanja online.

1. Mempelajari strategi potongan harga

Menjamurnya situs belanja online membuat setiap perusahaan berlomba-lomba memberi potongan harga demi menarik minat pembeli. Tak jarang ada situs belanja online yang memberikan potongan harga hingga 80 persen. Penawaran seperti ini tentu sangat menarik. Apalagi jika iklannya dipasarkan hingga ke semua media sosial. Anda harus mencermati penawaran seperti ini.
Promosi dengan cara potongan harga seperti ini memang menggiurkan. Misalnya, dengan melakukan belanja pertama sebesar nilai tertentu, Anda akan mendapatkan diskon 30% untuk pembelanjaan berikutnya.

Makin banyak Anda belanja, maka makin besar pula potongan harga yang dapat Anda nikmati kemudian. Oleh karena itu, demi keselamatan keuangan Anda, sebaiknya belanja sesuai kebutuhan saja. Jangan hanya karena sepasang sepatu olahraga seharga Rp 500.000 dengan potongan sebesar 50 persen lalu Anda buru-buru membelinya . Padahal Anda tidak terlalu membutuhkannya.

2. COD

Istilah COD atau Cash On Delivery sangat populer di kalangan belanja online. Metode COD adalah metode teraman dalam berbelanja online. Selain dapat memeriksa secara langsung apakah barang yang dikirim sesuai dengan yang dipesan, Anda juga dapat mengurangi risiko tertipu. Jangan salah, sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan situs belanja.

Melalui metode ini, Anda juga terhindar dari bunga cicilan kartu kredit. Memang masih banyak situs belanja yang hanya menerima metode pembayaran dengan kartu kredit, namun kini makin banyak situs belanja yang menawarkan sistem COD. Untuk itu daripada menghabiskan saldo kartu kredit Anda dengan tagihan belanja online, lebih baik Anda menyimpannya untuk keperluan mendesak. Toh, COD jadi salah satu cara ampuh dalam menghemat ketika belanja online.

3. Kualitas penjual

Terkadang para konsumen yang berbelanja secara online tertipu dengan gambar yang dipajang di situs belanja. Hal ini disebabkan karena tidak semua situs belanja menampilkan spesifikasi barang dengan lengkap. Amannya, carilah situs belanja yang menampilkan spesifikasi barang dengan lengkap. Lebih baik lagi jika Anda mencari situs yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan penjualnya.

Supaya Anda merasa aman dan yakin saat proses belanja online, pilih situs yang sudah tepercaya dan berkualitas. Anda bisa melakukan riset sederhana dengan bertanya pada kerabat atau saudara yang sudah sering menjadi konsumen situs belanja online atau Anda bisa membaca testimonial dari para pembeli yang suka dipajang di web mereka. Pastikan situs yang Anda pilih menjual produk yang berkualitas meski dengan harga miring sekalipun.

Jangan lupa praktik 3 hal di atas ya supaya kalian tidak kecewa saat belanja online.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.