6 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Anda

0
1722
Berfokus pada pelanggan saat ini dapat meningkatkan penjualan secara dramatis

Marketing.co.id– Ingin meningkatkan penjualan secara dramatis? Kemudian ingin mengalihkan fokus penjualan Anda dari menarik pelanggan baru untuk menarik pelanggan saat ini agar membeli kembali.

Prospek penjualan terbaik adalah prospek yang sudah dikonversi. Dengan kata lain, salah satu pelanggan Anda saat ini.

Pikirkan cara ini, jika bisnis Anda berada di sebuah kota kecil dengan populasi 1000 orang dan Anda telah menjual produk kepada semua orang di kota itu (pria, wanita, dan anak-anak), berarti Anda telah menjual 1000 produk dan pasar Anda mulai jenuh, proses penjualan Anda sudah berakhir. Apa sudah waktunya untuk berkemas dan pindah?

Itu tidak perlu Anda lakukan! Jika Anda memfokuskan upaya penjualan Anda pada pelanggan Anda saat ini. Anda akan mampu meningkatkan penjualan produk Anda secara drastis. Dan cara untuk meningkatkan penjualan ini pasti akan membantu membangun loyalitas pelanggan, juga. Cobalah beberapa atau semua ide berikut untuk meningkatkan penjualan Anda:

Membuat program insentif penjualan

Berikan staf penjualan Anda alasan untuk segera keluar dan menjual, menjual, menjual. Banyak bisnis yang mengandalkan staf penjualan mereka untuk membuat pogram insentif. Pastikan program insentif Anda menarik, sederhana dan mudah di jangkau.

Mendorong staf penjualan anda untuk upsell

Pada dasarnya, upselling melibatkan penambahan produk terkait dan/ atau jasa lebih dekat atau nyaman dengan Anda dan pelanggan perlu untuk membelinya. Agar upsell berhasil, Anda harus meyakinkan pelanggan tentang manfaat produk yang ditawarkan.

Berikan pelanggan Anda kesempatan berperan aktif

Jika Anda memiliki promosi atau program penjualan di masa depan, beritahukan kepada pelanggan Anda tentang program tersebut. Mereka akan datang kembali dan mungkin akan membawa beberapa teman mereka juga.

Tingkatan pelanggan Anda

Harus ada perbedaan yang jelas antara pelanggan yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka. Bagaimana Anda bisa mengharapkan loyalitas pelanggan jika semua pelanggan diperlakukan sebagai “seseorang dari jalanan”?

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka, dari hal-hal kecil seperti menyapa mereka dengan nama atau melalui manfaat yang lebih besar seperti memberikan diskon dan sebagainya.

Mengatur program costumer reward

Program costumer reward sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Tapi tidak ada alasan bagi bisnis kecil untuk tidak dapat memiliki program hadiah pelanggan ini juga.

Anda dapat melakukannya mulai dari hal yang paling sederhana. Misalnya, ulang tahun pelanggan, atau serumit sistem poin yang mendapatkan penghargaan beragam seperti diskon untuk barang dagangan Anda.

Program customer reward jika dilakukan dengan benar dapat membantu Anda membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Menyebarkan sampel gratis kepada pelanggan

Kenapa banyak bisnis memberikan sampel produk termasuk produk lain ketika Anda membeli sesuatu dari mereka? Karena untuk meningkatkan penjualan ada banyak cara. Sebagai pelanggan kita mungkin akan mencoba dan menyukai sampel produk baru dan membeli beberapa dari itu juga. Atau mungkin kita akan menyampaikan sampel tersebut ke orang lain yang mungkin mau mencoba produk tersebut dan membelinya. Setidaknya pelanggan akan berpikir baik tentang perusahaan Anda, dan mudah-mudahan mereka akan memberitahukan tentang produk Anda ke orang lain.

Menarik pelanggan baru merupakan hal yang sangat baik. Tapi menarik pelanggan baru bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan penjualan Anda.

Pergeseran fokus penjualan Anda untuk menarik pelanggan Anda saat ini dapat memudahkan Anda untuk meningkatkan penjualan dan merupakan proses terbaik untuk membangun loyalitas pelanggan dan menghasilkan penjualan berulang.

CS|About.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.