7 Alasan Mengapa Mobil Buatan Jepang Laris Manis di Indonesia

0
706
mobil bekas

virtual daihatsu festivalMarketing.co.id – Berita Otomotif | Di Indonesia, pasar mobil Eropa lebih sepi peminat dibandingkan mobil buatan Jepang. Fakta ini bisa Anda lihat di lapangan. Coba perhatikan banyaknya mobil di jalan raya, disadari atau tidak mobil-mobil tersebut memiliki merek asal negeri sakura.
Tidak heran, menurut vivaoto.com, hingga 2014, lebih dari 96% mobil yang beredar di negeri ini adalah merek produsen asal Jepang. Salah satu mobil yang paling diminati adalah Daihatsu Sigra.
Daihatsu Sigra merupakan produk mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mobil mini MPV tiga baris ini diproduksi Astra Daihatsu Motor sejak tahun 2016. Daihatsu Sigra digadang-gadang ada karena kebutuhan pasar Indonesia, yang menginginkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau, namun memiliki performa baik.
Lalu, apa yang membuat mobil buatan jepang laris di Indonesia? Simak ulasan berikut ini.
Suku Cadang Murah
Mobil yang sudah dipakai lama, hingga bertahun-tahun biasanya akan memiliki masalah dan butuh diperbaiki. Jika hal itu terjadi, pengguna pasti berpikir tentang  besarnya total biaya yang akan dikeluarkan.
Jika Anda tidak ingin keluar banyak biaya untuk perbaikan mobil di masa depan, sebaiknya memilih mobil dari produsen Jepang. Karena suku cadang, komponen serta perawatannya lebih murah dan mudah dicari, dibandingkan mobil Eropa atau Amerika.
Selain itu, pendistribusian dealer mobil Jepang lebih banyak dan merata di Indonesia, mereka juga menawarkan berbagai suku cadang lengkap dengan harga miring. Hal ini, yang mungkin menjadi pertimbangan kebanyakan orang Indonesia dalam membeli mobil dari produsen Jepang.
Mobil Eropa dan Amerika Mahal
Pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, lebih merujuk pada kelas menengah, untuk itu mobil eropa dengan harga mahal tidak cocok di sini, karena tidak sesuai gaya hidup masyarakatnya. Hanya pecinta mobil Eropa dan Amerika atau masyarakat dengan penghasilan yang sangat tinggi yang dapat membelinya. Pabrikan Jepang juga telah benar-benar menekan harga produksi mereka, itulah yang membuat harganya tidak terlalu mahal.
Kualitas dapat Diandalkan
Sudah bukan rahasia umum lagi, Jika Jepang dijuluki macan Asia. Hal ini bukan tanpa alasan. Negeri Sakura ini terkenal karena memiliki banyak kehebatan yang sudah diakui dunia. Salah satunya teknologi yang canggih. Mulai dari beragam benda elektronik hingga pabrikan mobil. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran para Insinyur Jepang yang bekerja tanpa lelah untuk membuat kendaraan terbaik Komponen kendaraan ini pun tidak mudah berkarat dalam hitungan tahun.
Pajak Mobil Lebih Murah
Alasan selanjutnya orang lebih memilih mobil Jepang adalah pajaknya lebih murah. Perhitungan pajak di Indonesia adalah persentase dari harga kendaraan. Selain itu, masa pandemi juga membuat orang lebih ingin berhemat, ditambah harga mobil impor yang juga akan mengalami kenaikan. Kondisi inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih mobil dengan harga ekonomis.
Praktis dan Efisien
Mobil lebih Jepang yang praktis dan efisien dibandingkan mobil dari Eropa. Hal ini juga yang membuat kendaraan ini awet dan mudah dirawat. Kemajuan teknologi di negara ini,  membuat Body mobil yang ringan, sehingga mudah dikendarai. Apalagi untuk pemula, pabrikan asal Jepang adalah pilihan tepat. Hebatnya lagi, kebanyakan mobil Jepang masih sangat berguna meskipun sudah berumur.
Performa Mesin
Mesin adalah bagian terpenting dari sebuah mobil. Tanpa mesin, kendaraan tidak dapat ‘hidup’ dan digunakan sebagaimana mestinya. Dalam dunia otomotif, mobil jepang sudah sejak lama terkenal mempunyai performa baik pada mesin. Stock internalnya sangat kuat sehingga dapat diatur untuk menghasilkan output power yang besar.
Kendaraan asal Jepang dapat menghasilkan tenaga 500 hp hingga 1000 hp. Beberapa mobil juga menawarkan keseimbangan tenaga kuda, torsi, spesifikasi komparatif, hemat bahan bakar serta menggunakan teknologi terbaru. Bahkan, digadang-gadang mesin kompresi variabelnya akan menggantikan mesin V6 di masa depan.
Ramah Lingkungan
Dibandingkan mobil Eropa, mobil Jepang terkenal paling ramah lingkungan. Kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk memberikan Anda model mobil hemat bahan bakar yang menakjubkan. Hal ini juga merupakan langkah yang brilian dari Jepang untuk memerangi pemanasan global.
Jepang bahkan menargetkan pengurangan emisi karbon sebesar 200 juta ton setiap tahun. Beberapa merek pabrikan dari negara ini juga memiliki skor yang baik dalam konsumsi bahan bakar dan uji emisi gas. Salah satu kendaraan yang pasti ramah lingkungan adalah Daihatsu Sigra. Mobil ini juga terkenal karena menganut Low Cost Green Car (LCGC).
Nah itulah 7 alasan mengapa mobil asal Jepang laris manis di Indonesia. Membeli mobil, tidak harus mahal. Asal sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kita punya. Jika Anda menginginkan mobil murah, performa baik dan cukup untuk anggota keluarga, pilihlah Daihatsu Sigra.
Selain mesinnya bandel serta Modelnya juga sederhana namun elegan, kapasitas kursinya juga muat untuk 7 orang loh! Sekarang Anda tidak perlu repot pergi keluar untuk membelinya. Anda hanya perlu memanfaatkan platform jualan online  seperti Blibli. Banyak varian mobil yang bisa anda pilih di sini. Selain lengkap, aman, transaksinya juga sangat mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.