7 Tips Mengelola Gaji Pertama

0
2844

shutterstock_239395135Apakah Anda baru merasakan dunia kerja? Atau baru mau memasuki dunia kerja? Tentunya Anda ingin penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan Anda tidak terbuang percuma.

Penghasilan tersebut tentu diharapkan menghasilkan sesuatu yang berarti di masa mendatang.

Anda harus mengelola uang dengan baik saat baru memperoleh penghasilan. Sebab, banyak anak muda yang bingung memanfaatkan penghasilan mereka dengan baik dan benar.

1. Berpikir Dengan Matang Sebelum Membeli

Belum apa-apa Anda sudah membuat daftar apa saja yang ingin Anda beli saat memperoleh penghasilan bahkan ingin membeli barang yang sangat tidak berguna. Pikiran tentang apa saja yang ingin Anda beli setelah memperoleh penghasilan pertama merupakan musuh utama saat Anda ketika mendapatkan gaji pertama.

Sekarang buanglah jauh-jauh pemikiran tersebut, dan mulailah untuk belanja secara cerdas. Dengan memilah milih barang apa saja yang menjadi kebutuhan Anda dan hal yang tidak diperlukan diri Anda.

2. Berinvestasi dan Berinvestasi

Jika Anda memilki penghasilan, sebaiknya Anda menginvestasikannya. Berinvetasi merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang sedang naik daun dan semakin hari semakin meningkat dari tahun ketahun.

Dengan mengikuti program investasi yang menguntungkan dan terpercaya seperti investasi properti, maka Anda telah mempersiapkan kehidupan masa depan Anda. Investasi properti merupakan salah satu favorit karena selalu mengalami kenaikan harga. Jika uang Anda belum cukup, Anda bisa menginvestasikan uang Anda ke hal lain terlebih dahulu seperti emas.

Dengan berinvestasi, Anda akan menikmatinya kelak ketika sudah tidak mampu lagi berkerja. Memang investasi merupakan program keuangan jangka panjang dan Anda tidak akan rugi dengan berinvestasi secara tepat.

3. Jangan Hanya Memikirkan Kesenangan Sesaat

Sering kali orang menggunakan gaji pertama mereka untuk kesenangan sesaat bahkan sebelum mereka memperoleh penghasilan. Misalnya, dengan menghabiskan uang di mall setiap minggu. Hal ini bukannya dilarang, namun Anda masih memerlukan uang untuk menjalani hari-hari berikutnya.

Mungkin di beberapa hari kedepan Anda masih memiliki uang untuk itu. Akan tetapi,apakah setelah beberapa hari itu Anda masih memiliki simpanan uang untuk hari berikutnya? Buruknya kondisi keuangan Anda pada saat itu dapat merusak kinerja Anda dalam bekerja.

4. Menabung Untuk Berjaga-jaga

Menabung merupakan salah satu cara mengelola uang yang baik. Meski begitu, menabung tetap masih kalah dengan investasi, karena menabung tidak akan membuat uang Anda berkembang lebih banyak. Sedangkan dengan berinvestasi, uang Anda akan bisa menghasilkan lagi.

Lalu menabung yang seperti apa yang dibutuhkan? Menabung yang dimaksudkan adalah untuk mempersiapkan ketika suatu saat Anda ada kebutuhan dengan uang secara mendesak. Misalkan biaya ketika sakit yang tidak bisa ditebak datangnya, biaya renovasi rumah, dan juga kebutuhan-kebutuhan lain yang Anda tidak bisa menebak apa yang akan terjadi esok hari.

5. Jangan Cari Muka Dengan Mudah Memberi

Biasanya orang yang mendapatakan gaji pertama akan senang sekali mentraktir teman-temannya tanpa berpikir panjang. Hal ini dilakukan agar orang-orang di sekitar tidak mengatakan bahwa Anda pelit.

Memang tidak bagus hidup pelit, namun dalam hal mengelola keuangan perhitungan pelit sangat perlu, karena Anda juga harus memikirkan nasib Anda jika sedang tidak punya uang.

6. Berikan Bantuan

Memberikan hal yang cuma-cuma kepada teman dan bersifat sesaat berbeda dengan hal memberi kepada orang-orang yang sangat membutuhkan. Hal ini bisa membantu Anda di masa yang akan mendatang. Sebab, dengan menolong sesama secara tulus, pasti Anda akan mendapatkan banyak kebahagiaan di masa mendatang.

7. Buat Dua Rekening Tabungan
Buatlah dua rekening tabungan, satu untuk dana operasional, satu jadi untuk tabungan. Semua akan mudah bila sudah terbentuk kebiasaan menyisihkan gaji ke dalam dua rekening yang berbeda tiap bulan. Jadi kalau “gesek” atau ambil uang di ATM maka yang Anda lihat adalah saldo rekening operasional, sedangkan yang rekening tabungan tidak tersentuh.

Setidaknya persentasi gaji yang disisihkan untuk menabung minimal tiga puluh persen. Kalau perlu rekening tabungannya tidak dibuat kartu ATM untuk mencegah Anda mengambilnya sewaktu-waktu.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengelola uang ketika mendapatkan gaji pertama. Ingatlah jika pada penghasilan pertama Anda sudah terbiasa dengan hal-hal yang tidak penting, itu akan terbawa hingga bulan-bulan berikutnya dan tentunya ini akan membuat Anda jadi lebih boros dalam mengelola keuangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.