Ajinomoto Edukasi Pengusaha Kuliner Kreasikan Produk Sehat & Profitable

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods I PT Ajinomoto Indonesia menggelar webinar bertema “Be a Healthy Food Business Owner” sebagai upaya mendukung calon pengusaha kuliner Indonesia dalam menciptakan aneka kreasi produk sehat namun tetap bisa menguntungkan dengan memberikan fakta informatif dan manfaat Bumbu Umami seperti Monosodium Glutamat (MSG). Jumlah peserta webinar ini mencapai 426 peserta, dengan sebagian besar berprofesi sebagai mahasiswa jurusan Tata Boga serta pengusaha kuliner di wilayah Bali & Bandung.

Ajinomoto

Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si, pakar gizi sekaligus Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta yang mengatakan, pencegahan terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

“Sebenarnya, jika ingin makanan yang dikonsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam,
menggunakan Bumbu Umami seperti MSG adalah solusinya. Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang
menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ungkap Khoirul.

Jadi, bagi para pengusaha di bidang kuliner, dia melanjutkan, baiknya memang mengikuti juga anjuran pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya. Ini bisa mengacu pada pedoman gizi seimbang dan menerapkannya.

Horeka Dept PT Ajinomoto Indonesia juga membagikan tips-tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetap
menerapkan pedoman gizi seimbang dan juga sangat profitable. Tips dan materi tersebut disajikan dengan mengulik 2 menu yaitu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon. Kedua menu tersebut dipilih sesuai dengan maraknya Asian Cuisine di Indonesia saat ini dan bisa disajikan dalam bentuk dine-in atau pun delivery service.

Dalam mengulik menu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon, turut menyertakan sumber protein dari lauk hewani dan nabati. Sumber vitamin dan mineral juga tersedia dari sayur mayur & buah-buahan. Kedua menu ini dipastikan akan sangat profitable karena menggunakan bumbu Chef Wisnu dari Horeka Dept – PT AJjinomoto Indonesia. Dengan Aji-No-Moto® Plus dapat menambahkan level gurih pada masakan dan tentu lebih kuat dari MSG biasa.

Chef Wisnu dari Horeka Dept, PT Ajinomoto Indonesia menambahkan,” Dengan level yang lebih gurih, penggunaannya lebih sedikit (¼) dari MSG biasa sehingga lebih hemat biaya produksi,” ungkap dia.

Melalui webinar ini, PT Ajinomoto Indonesia berharap dapat mengedukasi para peserta tentang informasi gizi dengan fakta ilmiah, serta berkontribusi membuat pengusaha kuliner tidak hanya mementingkan rasa, namun juga lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan. Menariknya, webinar ini masih akan berlanjut hingga bulan November 2021.

“Kami merasa perlu menyebarkan fakta yang benar dan informatif tentang Bumbu Umami yang akan mendukung
masyarakat Indonesia agar tetap sehat saat situasi pandemi COVID-19. Melalui webinar ini, kami harap para peserta dapat menyebarkan fakta informatif dan ilmiah tentang apa yang kami sampaikan hari ini kepada masyarakat atau komunitas yang lebih luas,” Katarina Larasati, Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.