Amar Bank Pertahankan Kinerja Positif dengan “Senyumku”

Marketing.co.id – Berita Financial I PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”), memperkenalkan inovasi produk terbaru ‘Senyumku’. Diluncurkan dalam Public Expose atau Paparan Publik 2020, Senyumku merupakan mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial.

Amar Bank Senyumku
Senyumku menjadi digital-only bank Indonesia pertama diluncurkan di Cloud.

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan, bahwa Senyumku merupakan bagian dari komitmen untuk bertransformasi dan berkembang serta melayani masyarakat Indonesia. Aplikasi ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang canggih untuk mengetahui serta mengevaluasi kesehatan keuangan, serta menawarkan cara mudah yang terpersonalisasi untuk mengelola keuangan nasabah sesuai dengan lifestyle nasabah dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Baca Juga: Amar Bank Gandeng Google Perkenalkan Senyumku

“Untuk menggunakan Senyumku, pengguna hanya perlu waktu 5 menit untuk melakukan registrasi pembuatan akun dengan mengikuti langkah mudah. Ada lima fitur unggulan Senyumku antara lain Multiple Bucket atau satu akun untuk beragam kebutuhan, Financial Intelligence, Fund through Debit Card atau Penempatan Dana melalui Kartu Debit, Financial Managementatau Manajemen Keuangan, dan Wishlist atau Daftar Impian,” papar Vishal.

Selain meluncurkan inovasi terbaru, kinerja perseroan Amar Bank terus menunjukkan tren positif sejak 2014. Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2020, total aset perseroan mencapai Rp3,1 triliun, meningkat signifikan lebih dari 13 kali lipat dari tahun 2014 sebesar Rp231 miliar. Sementara itu, total ekuitas dan simpanan nasabah per Juni 2020 juga menunjukkan kinerja positif. Total ekuitas perseroan mencapai Rp1,09 triliun dan simpanan nasabah mencapai Rp1,7 triliun.

Baca Juga: Keberhasilan Tunaiku Jadi Pionir Fintech Bank

Penyaluran kredit yang dilakukan perseroan juga terus meningkat. Perseroan mencatat penyaluran kredit sepanjang 2020 hingga Juni mencapai Rp1,9 triliun, meningkat dibandingkan dari tahun 2014 sebesar Rp59 miliar. Peningkatan penyaluran kredit tersebut mendorong pertumbuhan pendapatan bunga bersih perseroan sebesar Rp323 miliar, meningkat 78,14% dari bulan Juni tahun sebelumnya sebesar Rp181,5 miliar. Jika dibandingkan dengan tahun 2014, pendapatan bunga bersih tersebut meningkat lebih dari 21 kali lipat dari Rp15 miliar.

Perekonomian Indonesia dan global yang saat ini tengah menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19 mempengaruhi hampir semua sektor industri, tidak terkecuali industri perbankan. Tantangan tersebut turut mempengaruhi pencapaian laba bersih tahun berjalan perseroan yang terkoreksi 21,7% menjadi sebesar Rp20,4 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, terutama dikarenakan perlambatan bisnis dan peningkatan CKPN selama kuartal kedua 2020. Di lain pihak, perseroan menjaga likuiditas yang solid, tercermin dari rasio CAR 51,02%.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Amar Bank pada 26 Agustus 2020, telah disetujui untuk pembagian dividen sebesar 50% dari laba tahun berjalan. Sebesar Rp30,7 miliar akan dibagikan sebagai dividen tunai, yang akan dibayarkan pada tanggal 25 September 2020 kepada Pemegang Saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 7 September 2020.

“Dengan hadirnya inovasi mobile-only intelligent bank Senyumku, kami berharap produk baru ini dapat menjadi angin segar dan bersama Tunaiku dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis perseroan dan mempertahankan kinerja positif perseroan ke depan seiring dengan komitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia,” tutup Vishal.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.