Apakah Anda Seorang Workaholic? Cari Tahu di Sini

0
1499

Apa yang Anda ketahui tentang workaholic? Apakah orang yang selalu bekerja lebih keras daripada rekan–rekannya? Mengabaikan segala panggilan telepon, pesan singkat, lupa makan siang hingga membuatnya pingsan? Kalau itu sih bukan workaholic, tapi stres. Workaholic adalah orang yang baik disadari atau tidak, ia akan lebih mengutamakan menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu, ketimbang hal lain.

workaholicPeneliti dari Norwegia dan Inggris telah mengembangkan ‘Bergen Work Addiction Scale’ untuk mencari tahu tujuh kriteria dasar dalam mengidentifikasi mereka yang kecanduan kerja. “Dengan melakukan sedikit uji coba, seorang karyawan dapat menentukan tingkat ‘kecanduan’ dalam bekerja (tidak kecanduan, agak kecanduan, dan kecanduan atau workaholic),” tutur pemimpin penelitian, Cecilie Schou Andreassen dari Fakultas Psikologi di University of Bergen Andreassen. Percobaan ini juga bisa Anda lakukan lho.

Dengan hanya menjawab tujuh pertanyaan dengan jawaban ‘tidak pernah’, ‘jarang’, ‘kadang – kadang’, ‘sering’, juga ‘selalu’, Anda akan dapat mengetahui tingkat kecanduan Anda dalam bekerja.

–          Apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana cara membebaskan diri dari pekerjaan?

–          Apakah Anda menghabiskan lebih banyak waktu dalam bekerja dari surat perjanjian kerja?

–          Apakah Anda bekerja untuk mengurangi rasa bersalah, cemas, tidak berdaya, dan depresi?

–          Anda telah diberitahu untuk mengurangi bekerja, tapi Anda tidak menggubrisnya?

–          Apakah Anda tidak suka diam beristirahat (Anda orang yang rajin)?

–          Apakah Anda mulai mengurangi hobi dan aktivitas pribadi karena alasan pekerjaan?

–          Apakah ada gangguan kesehatan yang disebabkan karena pekerjaan?

Menurut penelitian yang mereka lakukan, jika dalam tujuh pertanyaan tersebut ada setidaknya empat jawaban yang menyatakan ‘selalu’ atau minimal ‘sering’, tandanya ia masuk dalam golongan workaholic. Andreassen juga menegaskan, adanya peningkatan kecanduan kerja akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti insomnia, gangguan kesehatan, kelelahan, hingga stres.

Tak hanya itu, semakin Anda kecanduan bekerja, semakin besar pula masalah yang timbul dalam kehidupan keluarga Anda.

Hingga saat ini, tingkat skala penelitian ini telah dikembangkan, yakni dengan mempelajari lebih dari 12 ribu karyawan Norwegia dari 25 industri yang berbeda. Studi ini juga telah diterbitkan dalam edisi terbaru Scandinavian Journal of Psychology.Jadi, tunggu apa lagi, cari tahu sekarang, apakah Anda termasuk workaholic atau tidak.  🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.