Hubungan Pelanggan, Kunci Strategi Pemasaran Anda?

Marketing.co.id– Apakah Anda tertarik jika penjualan Anda bisa meningkat 50 persen tanpa meningkatkan anggaran pemasaran Anda? Pada saat Anda selesai membaca artikel ini Anda akan menemukan cara untuk melakukannya.

Berpikir sejenak dan ambil file pelanggan aktif Anda di lemari arsip. Pemilik bisnis sering membuat kesalahan dalam melayani pelanggan dengan berasumsi “mereka akan tetap setia” sebagai pelanggan atau klien tanpa memelihara dan menumbuhkan hubungan.

Setahun kemudian, pemilik bisnis mulai bertanya-tanya apa yang terjadi pada pelanggan itu dan kemana mereka pergi. Jika demikian, mengapa? Ada banyak alasan seorang pelanggan atau klien meninggalkan Anda adalah:

  • Mereka merasa harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi atau tidak adil
  • Mereka memiliki keluhan yang belum terselesaikan
  • Mereka mengambil tawaran dari pesaing
  • Mereka pergi karena mereka merasa Anda tidak peduli

Ketika Anda menganggap bahwa dua terakhir membuat sebagian besar pelanggaan tidak lagi menggunakan layanan atau membeli produk Anda, itu merupakan masalah besar bagi Anda. Mereka meninggalkan Anda karena mereka merasa Anda tidak peduli kepada mereka dan pesaing Anda melakukannya lebih baik.

Ketika dihadapkan dengan fakta-fakta di atas mengapa bisnis harus menghabiskan 80 persen dari hasil pemasaran untuk mencari pelanggan baru dari pada memelihara, mempertahankan, dan memelihara hubungan pelanggan yang telah mereka miliki?

Anggaran pemasaran Anda akan jauh lebih sedikit jika anda gunakan untuk membangun, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan Anda. hal ini tidak sesulit yang Anda pikirkan. Membangun hubungan berarti memperlakukan pelanggan Anda sebagai mitra strategis dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar peduli kepada mereka.

Sangat penting untuk terus mencoba memuaskan mereka dengan produk dan layanan yang tepat, didukung oleh promosi yang tepat dan membuatnya tersedia pada waktu yang tepat dan lokasi yang tepat.

Sangat mudah bagi pelanggan untuk mendeteksi ketidakpedulian dan ketidaktulusan dan mereka tidak akan mentolerir itu. Loyalitas pelanggan dalam jangka panjang merupakan tantangan jangka panjang  yang harus Anda usahakan setiap hari  tidak peduli.

Sementara bisnis kecil yang berkembang harus terus mencari pelanggan baru, fokus dan prioritas harus pada menyenangkan basis pelanggan Anda. perusahaan yang gagal untuk memelihara dan mempertahankan basis pelanggan, mereka akan gagal. Anda juga akan menghabiskan biaya dua kali lebih banyak untuk mendapatkan klien baru.

Intinya adalah salah satu komponen kunci dalam pertumbuhan pemasaran dan bisnis adalah untuk menghabiskan sebagian besar waktu ada dan hubungan usaha memelihara pelanggan, sehingggan anda mendaptkan bisnis dari klien yang sudah ada dan pelanggan.

Ini adalah strategi yang akan menggerakan anda maju dalam meningkatkan penjualan anda sebesar 50 persen tanpa meningkatkan anggaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.