Argo Singkirkan Lincoln sebagai Film Terbaik Oscar

0
990

Marketing.co.idArgo berhasil memenangkan penghargaan tertinggi  di industri film, Academy Award, sebagai Best Picture menyingkirkan Lincoln. Sementara itu, sutradara asal Taiwan Ang Lee berhasil menyingkirkan Steven Spielberg sebagai sutradara terbaik untuk film Life Of Pi.

“Ada delapan film hebat yang layak meraih penghargaan ini, seperti yang kami lakukan,” kata produser dan sutradara Argo Ben Affleck.

Kemenangan Argo ini sebenarnya sudah banyak yang menduga sebelumnya, namun tetap saja menjadi salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Oscar karena diumumkan langsung oleh ibu negara Amerika, Michelle Obama, dari Gedung Putih.

Ini merupakan pertama kalinya sejak Driving Miss Daisy pada tahun 1990, sebuah film meraih Oscar tanpa sutradaranya juga dinominasikan sebagai sutradara terbaik.

Tidak hanya itu, film Argo juga berhasil meraih penghargaan sebagai film editing terbaik dan skenario terbaik. Film ini berkisah tentang misi CIA yang berusaha menyelamatkan enam diplomat AS dari Teheran tak lama setelah terjadi Revolusi Islam.

Dalam penghargaan lainnya, Daniel Day Lewis mengukir sejarah baru dalam Piala Oscar sebagai orang pertama yang memenangkan tiga Piala Oscar sebagai aktor terbaik. Dia mengumpulkan patung emas untuk performa menawannya sebagai presiden Amerika, Abraham Lincoln di film Lincoln. Sebelumnya dia meraih penghargaan sebagai aktor terbaik untuk film My Left Foot (1989) dan There Plainview (2007).

Jennifer Lawrence dinobatkan sebagai Aktris Terbaik atas perannya sebagai seorang janda muda penuh semangat dalam film komedi Silver Linings Playbook. Dia mengalahkan Jessica Chastain serta Prancis Emmanuelle Riva.

Sementara itu, Anne Hathaway memenangkan Piala Oscar pertamanya lewat perannya sebagai Fantine dalam film Les Miserables.

“Kita berharap suatu hari dalam waktu yang tidak terlalu lama kemalangan Fantine baru akan ditemukan dalam cerita dan bukan dalam kehidupan nyata,” kata Hathaway tentang perannya.

Film asal Austria, Amour terpilih sebagai film berbahasa asing terbaik. Film ini bercerita tentang pasangan tua yang menderita stroke. Kisah yang menyayat hati ini sebelumnya mendominasi penghargaan di Eropa dan Amerika Serikat selama berbulan-bulan.

Christoph Waltz, adalah pemenang kejutan lainnya dalam ajang tersebut. Dia mengambil penghargaan sebagai Aktor Pendukung Terbaik. Ini merupakan Piala Oscar kedua yang diraih Waltz, setelah sebelumnya memenangkan untuk film Tarantino dari “Inglourious Basterds” pada tahun 2010.

Quentin Tarantino juga berhasil membawa pulang Piala Oscar sebagai Best Original Screenplay, dan  memberikan pujian kepada aktor-aktor yang menghidupkan karakter-karakter di filmnya.

Brave, film Pixar tentang seorang putri Skotlandia penuh semangat berhasil membawa pulang patung emas untuk kategori Best Animated Feature.

Para pemenang Piala Oscar tersebut dipilih dalam surat suara rahasia dari 5.800 anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.