Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Bagaimana Cara Membangun Bisnis?

membangun bisnisKewirausahaan memang menjadi sebuah jalan yang akhir-akhir ini semakin diminati. Banyaknya mal, pedagang kelontong, dan lain-lain, sudah mencerminkan bahwa bisa membangun bisnis adalah impian kebanyakan orang.

Ada lima hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses membangun bisnis:

1. Cari setiap alternatif masalah

Hanya karena Anda mengidentfikasi masalah, lantas bukan berarti Anda harus ngoyo dalam menyelesaikannya, tapi bukan pula masalah itu harus dibiarkan begitu saja. Pemecahan masalah yang sebenarnya adalah ketika kita menghadapinya dengan sebuah ketekunan. Masalah adalah sebuah kesempatan untuk Anda membulatkan tekad. Tanpa masalah, tekad Anda belum benar-benar teruji. Jadi pastikan untuk tidak lari dari masalah serta terus berusaha.

2. Katakan pada semua orang

Bukan bermaksud untuk pamer, tapi Anda wajib mengatakan segala bisnis yang tengah Anda jalankan. Ini bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen. Sekarang, siapa yang akan memercayai Anda bila bukan orang-orang terdekat? Sahabat dan keluarga, akan menjadi duta awal produk Anda, selanjutnya, Anda hanya tinggal mengembangkannya sesuai dengan kritik dan saran mereka. Di samping itu, duta pulalah yang akan menjalarkan sistem word of mouth.

3. Banyak belajar

Mempelajari segala hal tentang industri bisnis yang bakal Anda jalankan akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda ke depannya. Dengan banyak membaca dan bertanya kepada sang ahli, wacana Anda tentang bisnis akan semakin luas. Tak hanya itu, wawasan juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

4. Buat prototype

Sebelum Anda menjalankan bisnis secara total, membuat prototype produk juga sangat disarankan. Ini bertujuan untuk menguji konsep yang akan Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda ingin membuat sebuah perusahaan game Android, ada baiknya Anda menguji sistem game yang akan Anda buat. Tidak perlu dengan grafik yang maksimal, tapi cobalah untuk membuat prototype game sederhana, asalkan menggambarkan inti dari alur game yang akan Anda buat. Jika memang teruji menarik, barulah Anda membuat yang asli dengan maksimal.

Alasan ini juga mendasari banyaknya pebisnis dunia digital yang memulai situs, game, atau aplikasi buatannya dengan sistem beta.

5. Tanya kenapa

Bertanya kepada diri sendiri juga merupakan cara awal untuk membangun bisnis. Bila alasan Anda kurang kuat, maka kemungkinan besar, Anda tidak akan terlalu memperjuangkan bisnis Anda dengan maksimal ketika menghadapi masa-masa sulit. Tak hanya itu, bahkan ada dugaan, bahwa salah satu faktor kesuksesan negara Jepang adalah, masing-masing individunya memiliki niat dan alasan yang kuat untuk memperjuangkan apa yang diyakini. Itulah mengapa komik dan anime Jepang selalu menekankan keteguhan hati para tokoh utamanya.

 

Sumber: Entrepreneur | Ilustrasi: Alley Watch

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top