Bagaimana Meningkatkan Layanan Pelanggan

0
1544

Marketing.co.id- Meningkatkan keterampilan layanan pelanggan harus menjadi prioritas setiap hari bagi setiap bisnis yang ingin unggul di pasar kompetitif saat ini.

Setiap interaksi dengan pelanggan, memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk menyebarkan berita kepada pelanggan potensial lainnya. Namun, apa yang akan dikatakan pelanggan tersebut? Apakah Mereka akan senang dengan layanan pelanggan yang mereka terima, atau justru berpaling karena pengalaman layanan pelanggan yang buruk?

Berikut empat tips untuk meningkatkan keterampilan layanan pelanggan:

Melacak perasaan pelanggan dan umpan balik

Apakah Anda menawarkan cara bagi pelanggan untuk memberitahu Anda tentang bagaimana perasaan mereka tehadap pelayanan?

Beberapa perusahaan menggunakan survei, umpan balik, kotak saran, atau bahkan percakapan langsung dengan pelanggan. Intinya adalah membuat saluran untuk mendapatkan informasi dan melacak informasi tersebut.

Umpan balik dari pelanggan adalah cara terbaik untuk mulai meningkatkan layanan pelanggan. Pelanggan akan memberitahu apakah layanan pelanggan Anda sudah benar atau perlu melakukan pelatihan.

Berkomunikasi dengan tim layanan pelanggan Anda

Mendapatkan umpan balik dari pelanggan bisa sulit, namun umpan balik dari karyawan merupakan cara termudah untuk melihat bagaimana layanan pelanggan Anda dapat ditingkatkan.

Kuncinya adalah menerima umpan balik dari karyawan, kemudian melakukan sesuatu dari masukan-masukan mereka.

Anda harus berlatih untuk memperbaiki keterampilan layanan pelanggan Anda (pelatihan)

Tentunya Anda tidak akan membiarkan anggota tim layanan pelanggan Anda “turun gunung” sebelum melatih mereka, bukan? Latihlah mereka terlebih dahulu agar keterampilan layanan pelanggan mereka meningkat.

Ada banyak buku, postingan blog, dan artikel yang membahas cara terbaik meningkatkan keterampilan layanan pelanggan.

Tentukan perbaikan dalam keterampilan layanan pelanggan Anda

Apa keterampilan layanan pelanggan Anda yang paling sukses? Bagaimana  perusahaan melakukannya?

Visi layanan pelanggan semua orang berbeda. Mendefinisikan apa yang Anda capai dalam memberikan layanan pelanggan adalah kunci keberhasilan Anda.

Meningkatkan keterampilan layanan pelanggan merupakan proses panjang. Jangan tunggu sampai besok, mulailah membuat perubahan yang Anda butuhkan saat ini.

Setiap perubahan kecil membuat perbedaan dan akan membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan yang penting bagi pelanggan. (www.business2community.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.