Bantu UMKM Optimalkan Pengiriman Kargo ke Seluruh Indonesia dengan Layanan Ninja Cargo

Proses Pengiriman Melalui Ninja Cargo 2023
Proses Pengiriman Melalui Ninja Cargo

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam sektor kargo domestik. Data dari PT Angkasa Pura (AP) II menunjukkan bahwa volume kargo domestik sepanjang Januari-Oktober 2022 mencapai 461.102 ton, mengalami peningkatan sebesar 2,91% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan, volume pengangkutan kargo domestik pada periode tersebut melampaui realisasi sepanjang tahun 2019 dan 2020. Kenaikan ini sejalan dengan perkembangan UKM digital di Indonesia, yang tercatat melalui Kajian Stabilitas Keuangan yang dirilis oleh Bank Indonesia. Selama semester I-2022, transaksi e-commerce meningkat sebesar 22,1% (yoy) secara nominal, mencapai Rp 227,8 triliun, dan meningkat sebesar 39,9% (yoy) secara volume, mencapai 1,74 juta transaksi.

Pertumbuhan yang terus berkembang dalam UKM digital membuat layanan pengiriman dengan kapasitas besar semakin diperlukan. Oleh karena itu, layanan kargo di Indonesia harus mampu mendukung pertumbuhan UKM dan memastikan produk mereka dikirimkan ke konsumen dengan baik dan tepat waktu. Dalam upaya memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, meluncurkan layanan baru yang disebut Ninja Cargo. Layanan ini bertujuan untuk mendukung pengiriman Ninja Xpress ke seluruh wilayah Indonesia dan membantu UKM dalam mengoptimalkan usahanya.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, menjelaskan, “Kami berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi jasa pengiriman kargo di Indonesia. Dengan hadirnya layanan Ninja Cargo, kami siap memberikan solusi logistik yang andal, efisien, dan terjangkau bagi UKM di seluruh wilayah Indonesia. Kehadiran Ninja Cargo juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan layanan kargo yang semakin meningkat seiring dengan berkembangnya industri logistik di Indonesia.”

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,31%, melampaui pertumbuhan tahun 2021 yang mencapai 3,70%. Salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan, dengan pertumbuhan sebesar 19,87%. Pertumbuhan ini tentu berdampak pada peningkatan permintaan terhadap layanan kargo.

Rifani Budi Kristanto, Head of Corporate Sales and Fulfillment Ninja Xpress, mengomentari hal ini, “Potensi layanan kargo di Indonesia sangat besar dan akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, pelaku UKM sering menghadapi kendala dalam pengiriman kargo, seperti tarif logistik yang tinggi, akses terbatas pada saluran distribusi, dan kurang efisiennya pengiriman. Oleh karena itu, Ninja Cargo hadir sebagai solusi pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar, dengan jaringan distribusi yang luas, sehingga memungkinkan pengiriman kargo menjadi lebih efektif dengan SLA pengiriman yang sama seperti pengiriman reguler, tetapi dengan tarif yang lebih terjangkau.”

Dalam proses pengiriman barang, Ninja Cargo menggunakan armada yang sama dengan layanan Ninja Regular, sehingga memiliki Service Level Agreement (SLA) yang sama. Dengan demikian, pelaku UKM dapat mengirimkan barang dalam jumlah besar ke seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi pengiriman yang sama seperti pengiriman reguler. Untuk memudahkan pengirim, Ninja Cargo juga menyediakan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD).

Dengan hadirnya layanan Ninja Cargo, harapan akan kemudahan dan efisiensi pengiriman kargo bagi UKM semakin nyata. Layanan ini akan membantu UKM dalam memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat dan memperluas jangkauan bisnis mereka ke seluruh wilayah Indonesia. Dukungan ini akan memperkuat pertumbuhan sektor UKM digital dan logistik di Indonesia, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here