RPX Makin Siap Menangkan Pelanggan Individual dengan Pembaruan Produk dan Layanan Merupakan bagian dari pengembangan bisnis dengan investasi USD 50 Juta dalam 5 tahun ke depan
Marketing.co.id- Untuk menjawab kebutuhan pelanggan individu masa kini yang semakin menyukai gaya hidup yang serba instan namun tetap kritis dalam memilih barang dan jasa. Pada hari Rabu (18/4), RPX mengumumkan peluncuran kembali produk dan layanan domestiknya.
Melalui produk dan layanan baru tersebut, RPX menawarkan berbagai pilihan layanan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman saat ini dengan berbagai manfaat dan keuntungan lebih bagi pelanggan.
Peluncuran kembali produk dan layanan ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh RPX dalam rangka melakukan ekspansi bisnis di pasar individual seperti yang telah dicanangkan di tahun lalu. Sekaligus juga merupakan bagian dari investasi jangka panjang RPX sebesar USD 50 juta untuk lima tahun ke depan mulai tahun 2010.
Sebagai perusahaan dengan pengalaman lebih dari 26 tahun di industri jasa pengiriman dan logistik, RPX selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan terus mengakomodasi perkembangan kebutuhan pasar individual dan korporasi melalui peningkatan dan pembaharuan produk dan layanan, memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang andal dengan harga yang kompetitif.
Dalam menciptakan inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pelanggan, RPX selalu mendasarkan pada tiga komponen penting bagi pelanggan, yakni kualitas layanan (quality of service), nilai lebih yang ditawarkan (value for money) dan reputasi perusahaan (company reputation).
Menurut Andry Adiwinarso, vice president sales & marketing, RPX Group, ”pembaharuan produk dan layanan RPX merupakan salah satu rencana bisnis yang telah kami persiapkan untuk lebih serius lagi dalam mengembangkan bisnis terutama di pasar individual.”
Andry menjelaskan bahwa dalam pembaharuan ini kami menekankan pada kesederhanaan (simplicity), kemudahan (easy to do business with) dan interaksi dengan pelanggan yang lebih intensif dan responsif. Tidak hanya itu kami juga menawarkan berbagai keunggulan yang membedakan kami dari para pemain sejenis meliputi ragam pilihan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman pelanggan, sistem pelacakan yang detil dan real time, jaminan uang kembali, kepemilikan sendiri armada transportasi oleh perusahaan yang dilengkapi oleh sistem GPS sehingga menjamin keamanan pengiriman, dan harga yang lebih kompetitif.
Sistem pelacakan yang detil dan real time menjamin keamanan dan visibilitas barang kiriman pelanggan. Pelanggan dapat mengetahui setiap detail pergerakan barang kirimannya hingga sampai ke tujuan serta detail informasi dari si penerima (meliputi nama, tanda tangan, dan waktu penerimaan barang serta foto dari si penerima barang). Setelah barang diterima, pengirim akan mendapatkan pemberitahuan melalui email,sms ataupun mengaksesnya di website RPX.
Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat mengakses informasi barang kiriman, mengecek tarif kiriman, lokasi kantor RPX, melakukan permintaan pengambilan barang kiriman hingga mengecek status perijinan bea cukai melalui aplikasi RPX Mobile yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna Blackberry maupun Android. Dalam waktu dekat RPX juga berencana memperluas penggunaan aplikas tersebut bagi pengguna Apple.
Jaminan uang kembali. Sebagai wujud komitmen RPX dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai dengan janji perusahaan, RPX memberikan fasilitas 100% biaya kiriman kembali apabila barang kiriman terlambat sampai di tempat tujuan.
Kepemilikan sendiri armada transportasi oleh perusahaan yang dilengkapi oleh sistem GPS. RPX merupakan satu-satunya perusahaan jasa pengiriman dan logistik lokal yang memiliki sendiri seluruh armada transportasi meliputi motor, van, truk dan pesawat. Artinya, seluruh aktivitas pengiriman benar-benar dioperasikan dan dikontrol sesuai dengan standar perusahaan, tanpa perantara pihak ketiga.
Harga yang lebih kompetitif. RPX menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan penghitungan tarif yang lebih sederhana bagi pelanggan individual.
Untuk mengakomodasi perluasan bisnisnya, RPX juga akan melakukan berbagai peningkatan fasilitas antara lain memperluas akses pelanggan ke perusahaan melalui penambahan outlet RPX hingga 1.000 outlet di seluruh Indonesia untuk 5 tahun ke depan yang meliputi ASC, Agent dan e-Commerce, penambahan 80 armada darat berupa truk dan van untuk memenuhi kebutuhan pengiriman pelanggan, penambahan fitur aplikasi RPX Mobile yang memungkinkan proses booking langsung dari telepon genggam, peningkatan kualitas SDM baik staf maupun mitra bisnis perusahaan untuk memastikan keseragaman dan menjaga kualitas pelayanan perusahaan kepada pelanggan, serta memperluas kerjasama dengan para peritel dengan cara membuka kemitraan (franchise).
“Dengan pembaharuan produk dan layanan didukung dengan peningkatan fasilitas dan jaringan, kami optimis akan memperoleh respon yang baik dari pelanggan individual dan menargetkan peningkatan pendapatan hingga 50% dari pencapaian tahun lalu. Dengan tagline “Fast, Reliable and Care”, kami akan memastikan bahwa pelanggan akan memperoleh pelayanan terbaik dari kami.” Tutup Andry. (CS)