Bill Gates: Sistem Pendidikan Membutuhkan Lebih Banyak Peran Pengusaha

0
1074

bill_gates

Marketing.co.id – Bill Gates, dalam sebuah kesempatan baru-baru ini, mendesak para pengusaha untuk membuat program pendidikan untuk Abad 21.

Bill dan Melinda Gates Foundation telah menginvestasikan lebih dari US$ 250 juta di sekolah-sekolah Amerika Serikat. Namun, menurut Bill Gates itu belum cukup.

“Apakah keseluruhan investasi di bidang pendidikan setara dengan arti pentingnya?” tanyanya.”Sama sekali tidak,”begitu jawabnya.

Dari tahun 1995 sampai 2011, pangsa modal venturayang berinvestasi dalam perusahaan pendidikan hanya satu persen. Persentase ini jauh dibandingkan dengan yang mereka investasikan pada perusahaan teknologi, yaitu sebesar 38% dan 19 % di perusahaan-perusahaan kesehatan.

Kurangnya minat mereka menginvestasikan uang dalam perusahaan pendidikan adalah karena mutu pendidikan di Amerika serikat – yang setelah digembor-gemborkan sebagai yang terbaik di dunia – telah menurun dengan cepat.

Dalam daftar OECD, program untuk International Student Assessment, di bidang matematika Amerika Serikat menempati peringkat ke-35 naik dari posisi 57. Sementara untuk ilmu pengetahuan Amerika menempati peringkat ke-29 dari 57.

“Dalam hal investasi, akan lebih rasional bagi masyarakat jika jumlah investasi jauh lebih besar. Itu juga berarti akan menciptakan peluangyang lebi besar,” katanya. Sebagian dari masalah itu, katanya, adalah tidak cukupnya pengusaha yang memasuki ruang tersebut.

Gates mengakui bahwa teknologi sendiri tidak bisa menyembuhkan defisit pendidikan negara, tetapi bisa memainkan peran besar. Gatesjuga percaya waktunya telah tiba bagi para pengusaha untuk melangkah masuk.

Hal itu dikarenakan negara dan pembiayaan pendidikan di tingkat daerah mulai bergeser ke arah perusahaan yang diposisikan untuk menawarkan layanan pendidikan yang lebih inovatif dan digerakkan oleh teknologi.

Alasan lain pengusaha harus masuk ruang tersebut? Ini menjadi lebih murah untuk menampung dan mendistribusikan konten.

Mengambil video online, misalnya. Pada 1990-an, harganya sekitar US$ 400 untuk host video online empat jam. Saat ini, biaya hanya dua sen. Dan biaya yang lebih rendah berarti margin yang lebih besar.

Industri ventura tampaknya telah memperhatikan – investasi dalam pendidikan akhirnya meningkat. Pada 2012 sekitarUS$ 1,1 miliar diinvestasikan dalam perusahaan ed-tech. Padahal pada tahun 2005, jumlahnya hanya US$ 52 juta.

“Inovasi benar-benar dapat mengubah kerangka kita melihat pendidikan,” kata Gates. “Ada gelombang optimisme di tahun 90-an, katanya, tapi tidak ada yang benar-benar berubah.Para pengusaha dan kapitalis ventura akan keluar ke sana dan mengambil risiko, dan itu harus diberi ucapan selamat,” imbuhnya. ( Sumber: INC.COM )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.