Butuh atau Ingin? Berikut Tips Cermat dan Bijak Belanja Online

0
17

apa itu Mengenal Quick Commerce, Model Bisnis Generasi Ketiga Setelah Toko Konvensional dan eCommerce tren jual beli melalui media sosial social commerceharbolnas 2016 belanja onlineMarketing.co.id – Berita Marketing | Selain untuk memenuhi kebutuhan, berbelanja juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, sejumlah kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan pada pengguna, seperti efisiensi waktu dan tenaga, hingga berbagai promo dan keuntungan menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, setiap orang perlu selalu cermat dan hemat saat berbelanja, khususnya untuk kebutuhan bulanan rumah agar keuangan dapat dikelola secara optimal. Hal pertama yang perlu disadari sebelum berbelanja online adalah apakah produk yang mau dibeli termasuk dalam kategori ‘kebutuhan’ atau ‘keinginan’?

Kebutuhan harus selalu didahulukan daripada keinginan. Jika kebutuhan tidak tercukupi, Anda bisa saja mengalami masalah atau kendala dalam beraktivitas. Dengan menyadari hal ini, Anda akan lebih mudah memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli meskipun harganya tidak mahal.

Nah, agar dapat belanja kebutuhan rumah dan harian dengan lebih cermat dan bijak, yuk simak dan coba terapkan tips berikut ini!

Buat rencana daftar belanja barang kebutuhan

Menyusun daftar belanjaan dan menentukan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan sangat penting untuk dibuat di awal. Adanya daftar belanja membuat kegiatan belanjamu jadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, dan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli.

Selain itu, Anda jadi tahu skala prioritas belanjaan Anda dan tidak mudah tergoda dengan banyaknya tawaran menggiurkan mulai dari produk baru hingga barang diskon yang mungkin saja hanya keinginan sesaat.

Cek informasi dan deskripsi produk yang lengkap

Sebelum membeli sebuah barang atau benda secara online, jangan lupa menggali banyak informasi terlebih dahulu. Memeriksa gambar dan deskripsi produk dengan cermat. Bahkan ada beberapa penjual yang sudah menjelaskan produk secara lengkap di deskripsi sehingga membuat pembeli jadi lebih mudah untuk kenal produknya.

Jangan lupa untuk survei harga produk terlebih dahulu. Anda bisa mulai membandingkan harga dan tawaran terbaik dari beberapa penjual. Lalu, perlu juga memperhatikan sejumlah faktor lain, misalnya garansi, kualitas produk, dan testimoni pembeli agar bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Cermat memilih metode pembayaran yang diinginkan

Kemudahan berbelanja online didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam untuk memberikan kenyaman dan kepuasan pengguna. Banyak sekali pilihan yang dapat digunakan mulai dari metode transfer bank, virtual account, membayar dengan e-wallet, hingga bayar di tempat atau seringkali disebut dengan Cash On Delivery (COD).

COD dihadirkan untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akses ke keuangan digital, dimana pengguna dapat memilih untuk COD atau ‘Bayar di Tempat’ secara tunai kepada kurir sesuai dengan nilai transaksi.

Manfaatkan penawaran menarik voucher dan kupon diskon

Biar lebih hemat, manfaatkan program promo dan diskon yang ditawarkan toko saat belanja online. Saat ini, Shopee kembali mempersembahkan kampanye Shopee COD 2.2 Sale, sebagai kampanye yang dapat menjadi solusi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab ragam preferensi saat berbelanja online. Shopee COD 2.2 Sale akan dilaksanakan mulai dari 23 Januari hingga puncaknya di 2 Februari dengan berbagai penawaran menarik  seperti Gratis Ongkir Se-Indonesia, Voucher Kilat 100RB, dan Pasti Dapat Voucher Diskon.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian dengan berbelanja online semakin terlihat. Kali ini, Shopee kembali menghadirkan kampanye COD 2.2 Sale dengan ragam promo menarik agar pengguna dapat lebih bijak memenuhi kebutuhan dengan cermat dan hemat.

“Kami menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki preferensi yang beragam ketika hendak berbelanja, seperti pilihan akan ragam kategori produk, sistem pengiriman barang, hingga metode pembayaran, salah satunya yaitu COD. Kemudahan transaksi COD dengan bayar di tempat diharapkan dapat membuka peluang dan kesempatan bagi pengguna dari seluruh pelosok di Indonesia yang ingin berbelanja online yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.