Cara Menciptakan Pengalaman Pelanggan di Media Sosial

0
1140

customer experienceBagi setiap perusahaan yang menggunakan media sosial, menciptakan pengalaman pelanggan sangatlah penting – baik untuk pelanggan yang sudah ada maupun calon pelanggan.

 Tahun 2012, sekitar 77% perusahaan B2C dan 43% perusahaan B2B menggunakan media sosial untuk mendapatkan pelanggan baru. Namun, masuk ke ranah media sosial tidak bisa asal nyemplung, diperlukan strategi media sosial yang dapat melibatkan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menarik penggemar baru, dan mengkonversi mereka menjadi pelanggan baru.

Untungnya, situs media sosial seperti Facebook dan Twitter mengerti akan keinginan Anda tersebut. Mereka menyediakan Anda alat-alat besar untuk membuat laman, profil, dan komunitas/group – membuat Anda berbeda dari kompetisi dan menarik bagi khalayak yang tepat.

Tahu audiens Anda

Jika ingin menciptakan pengalaman pelanggan yang besar di media sosial, Anda perlu tahu semua tentang  audiens. Tujuannya adalah untuk mengirimkan konten yang akan menarik orang yang tepat di media sosial – orang-orang yang dapat dikonversi menjadi pelanggan. Anda juga tidak bisa melupakan pelanggan yang sudah ada. Doronglah pelanggan yang sudah ada untuk mengikuti Anda di media sosial.

Selain itu, tidak sedikit perusahaan menggunakan Twitter sebagai alat layanan pelanggan. Anda dapat menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan dengan baik – memberikan tempat di mana mereka dapat terhubung satu sama lain.

Buatlah laman/group/komunitas sehingga penggemar dapat mendiskusikan perusahaan Anda: tempat di mana Anda dan penggemar dapat terlibat dengan konten Anda.

Laman Anda yang sempurna

Pastikan postingan Anda menarik dan beragam, utamakan kualitas pada laman. Tidak perlu posting secara teratur, tapi pastikan Anda posting cukup sering. Cari tahu apa pekerjaan penggemar dan pengikut dan susun strategi untuk mengambil keuntungan.

Pastikan Anda mempromosikan produk, tapi jangan sepanjang waktu: penggemar tidak suka dibanjiri dengan iklan dan mereka ingin melihat konten yang berguna bagi mereka.

Pastikan juga gambar profil dan deskripsi menarik mata dan yang paling penting pastikan tata bahasa benar. Periksa semua ejaan dalam posting dan tweet. Konten pada laman harus terlihat profesional dan merebut perhatian.

Tanggapi semua komentar pada laman dan pesan retweet. Aktif dan sopan. Pelanggan akan menghargai jika Anda mengakui mereka dengan cepat dan konsisten. Analisis sentimen komentar online perusahaan Anda: jika seseorang komentar negatif tentang merek, Anda harus bertindak cepat sehingga reputasi Anda tidak rusak.

Imbalan untuk fans Anda

Posting informasi tentang produk baru dan video di mana pengemar bisa melihatnya. Kirimkan produk baru tersebut ke pengikut Anda sebelum mengirimkannya ke tempat lain, atau mengundang mereka ke markas untuk mencobanya sendiri. Atau Anda bisa memberikan diskon dan voucher untuk produk Anda.

Temukan pelanggan yang bersedia menjadi pendukung sosial merek Anda dan menyediakan mereka platform di mana mereka dapat mempromosikan produk Anda.

Kemudian beri reward orang yang berpengaruh dengan diskon atau produk – jika mereka sangat baik pada apa yang mereka lakukan. Publikasikan fakta bahwa Anda menghargai penggemar dan pendukung: orang lain mungkin bersedia mengikuti Anda dan mempromosikan merek Anda di masa mendatang jika ada insentif tambahan.

Editor: Wahid FZ | Sumber: SocialMediaToday

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.