Commeta Incar Pertumbuhan Omset 40%

MARKETING, Jakarta-Apakah anda pernah menerima sebuah reward dari bank atau toko tempat anda bertransaksi? Jika pernah, apa saja bentuknya? Sudah pasti bervariasi mulai dari voucher belanja, home appliances, mobile phone, computer, educative toys and games, dan berbagai gimmics promotion lainnya.

Saat ini pemberian reward bukan hanya di perbankan, dan toko-toko ritel melainkan sudah merambah ke perusahaan customer goods baik lokal maupun multinasional seperti Semen Tiga Roda, Indofood, Kraft, Unilever, P&G dan lain-lain untuk mendongkrak penjualannya melalui agen-agennya.

Namun tahukah anda, bahwa sejumlah reward yang anda terima itu terdapat perusahaan yang memasoknya. Adalah PT Commeta Niaga Raya (Commeta), salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk untuk kebutuhan aktivitas marketing dan promosi,

Dirintis oleh Septianus Ting sejak tahun 1997, Commeta saat ini telah didukung langsung oleh para principal dari berbagai merek sebagai dealer resmi untuk produk-produk elektronik seperti Philips, Sony, Samsung, Sanyo, JVC, Panasonic, LG, Toshiba, Akira, Canon, HP, Sony Ericsson, Nokia, Electrolux, Voucher Carrefoure, Voucher MAP serta berbagai merek lainnya.

Selain pengadaan berbagai jenis produk, Commeta juga memberikan pelayanan pengiriman sampai door-to-door keseluruh wilayah Indonesia melalui perusahaan ekspedisi  yang dimiliki yaitu PT Primatama Duta Antaran. Selain itu juga melakukan  penyimpanan barang yang dibeli dari Commeta  dan pengiriman segala laporan sesuai dengan kebutuhan customernya.

Saat ini, Commeta  telah melayani dan bekerjasama dengan berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional dan didukung sumberdaya manusia yang professional, proses dan system aplikasi yang ada untuk memberikan layanan terbaik dan nilai tambah bagi para customer-nya. Beberapa layanan yang ditawarkan antara lain ;

Solusi Total Jaringan Pengadaan, Commeta berkomitmen mengoptimalkan efisiensi jaringan pengadaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan .

Sourcing & Procurement, Commeta memiliki lebih dari 2000 item produk, mulai dari kategori elektronik, perlengkapan rumah, gadget, mainan, komputer, perhiasan dan gimmicks. Dan juga didukung oleh rekanan seperti  Sony, Samsung, Philips, LG, Sharp, Olympus, Canon, Hewlett Packard, Acer, Sony Ericsson, Voucher belanja Carefour, Voucher MAP dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan Commeta juga  membuat merk sendiri, TISSOR yaitu aneka produk perlengkapan kantor dan perlengkapan rumah tangga, untuk kliennya  dengan produk yang berkualitas dan harga yang sesuai.

Fullfilment Management, dengan sistim yang terintegrasi, pengalaman dalam “Pick & Pack”, team dengan staff yang trampil, klien akan mendapatkan manfaat maksimal. Commeta juga menyediakan jasa spesial pengepakan untuk barang yang mudah pecah, barang berharga atau pengepakan hadiah dengan kertas pembungkus khusus.

Warehousing & Inventory Management, Commeta mempunyai dua gudang, yang pertama berlokasi di Latumeten sekitar 700 meter persegi dan di Kosambi luasnya sekitar 3000 meter persegi. Semua gudang terintegrasi dalam satu sistem sehingga barang dapat dikirim dengan lancar ke konsumen dan dapat menyediakan informasi secara mendalam untuk perbaikan dan efisiensi jaringan persediaan saat ini.

Distribution Logistics, dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan distribusi, jaringan distribusi Commeta  mendukung beberapa macam cara distribusi yaitu langsung ke pusat distibrusi, pengecer atau konsumen dalam skala local dan nasional.

Septianus mengungkapkan Commeta akan tetap membidik pasar corporate (B to B), setelah sukses mengembangkan sektor perbankan, sector lain yang dibidik adalah consumer goods dan farmasi atau perusahaan yang ingin mendongkrak penjualannya melalui program reward. Beberapa customer Commeta di bidang perbankan antara lain, SCB, ANZ ,ABN Amro, Permata, HSBC, Mega, BCA, CitiBank, BII, BNI. Danamon,  Mandiri, OCBC NISP, Bank Kesawan, dan lain-lain.

Sedangkan customer intitusinya seperti, Semen Tiga Roda, Adira Finance, Telkomsel, Danone, Kapal Api, Toyota, Nokia, IntiBoga Sejahtera, Yamaha, Reckiit Benckiser, Coco cola, GT Radial, Unilever, Kraft, P&G, Esia, Nuticia, GE dan-lain-lain.

Anggaran masing-masing perusahaan sangat bervariasi,tapi rata-ratanya sekitar Rp 20 miliar/tahun, karena semua tergantung dari target yang ingin dicapai masng-masing perusahaan melalui program reward, bahkan tahun ini ada yang menargetkan anggaran Rp 40 miliar.

Diakuinya, bisnis yang ia geluti terus mengalami peningkatan, mengingat belum ada pemain yang memiliki layanan terintegrasi seperti Commeta.”Tahun ini kami optimis target pertumbuhan 25% akan tercapai, mengingat masih banyak sector dan korporat yang belum tergarap. “Tahun 2012, saya menargetkan peningkatan omset di atas 40%,” katanya. Dimana kontribusinya terbesar berasal dari trading (60%), jasa (30%) dan lainnya (10%),” ujar Septianus

Andri Darmawan

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.